get app
inews
Aa Read Next : Video Film Arul, Kapolda Jabar Irjen Pol Suntana: Seluruh Polisi di Indonesia Wajib Nonton

Film Arul Diambil dari Kisah Nyata Seorang ABH, Mencuri untuk Beli Hp agar Bisa Belajar Daring

Kamis, 14 April 2022 | 16:31 WIB
header img
Film Arul Diambil dari Kisah Nyata Seorang ABH, Mencuri untuk Beli Hp agar Bisa Belajar Daring. (Foto: Istimewa)

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id – Kisah Arul (13) anak berhadapan dengan hukum (ABH) diangkat dalam sebuah film berjudul “Arul” (Hadiah Terbaik). Anak berusia 13 tahun dengan nama lengkap Arul Miftahul Huda tersebut, berkonflik dengan hukum lantaran dituding mencuri di rumah tetangga di kampungnya di Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya.

Sempat dihajar massa dan ditolak warga untuk kembali tinggal di kampungnya, Arul justru malah betah tinggal di kantor polisi. Selama 3 bulan bergaul bersama anggota polisi di Mapolres Tasikmalaya, hubungan emosional antara Arul dengan anggota polisi pun semakin erat.

Bahkan kasus yang menjeratnya telah diselesaikan secara islah dan Arul sudah diperbolehkan pulang ke kampung kembali, tapi dia tetap tidak mau pulang ke kampunnya.

Kapolres Tasikmalaya AKBP Rimsyahtono mengatakan, trauma yang dialami Arul membuat dia takut saat melihat orang-orang di kampungnya.

“Kondisi perekonomian keluarganya bisa dikatakan kurang beruntung. Arul dituduh mencuri dan memang diakuinya. Pencurian yang dilakukan Arul motifnya untuk membeli handphone (Hp) agar bisa belajar daring, waktu itu,” kata Rimsyahtono, Kamis (14/4/2022).

Dikatakan kapolres, setelah melalui proses perdamaian atau islah dengan korban dan warga di kampungnya, Arul pun sudah diperbolehkan untuk pulang tapi dia tidak mau.

“Saya tanya dia, Rul mau pulang gak? dan jawabannya gak mau pulang ingin tinggal di kantor polisi. Ternyata polisi itu sisi humanisnya ada, ternyata anak itu senang,” kata dia.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut