get app
inews
Aa Read Next : BBWS Citanduy: Impounding Bendungan Leuwikeris Tidak Akan Ganggu Pasokan Air Irigasi di Kota Banjar

Antisipasi Pungutan Liar dalam Proses PPDB, Saber Pungli Kota Banjar Terjun ke Sekolah-Sekolah

Rabu, 12 Juni 2024 | 17:27 WIB
header img
Antisipasi Pungutan Liar dalam Proses PPDB, Saber Pungli Kota Banjar Terjun ke Sekolah-sekolah. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Budiana Martin

Kepala SMPN 1 Kota Banjar, Aa Hasan Gunara, mengapresiasi satgas Saber Pungli yang konsisten melakukan pendampingan saat PPDB.

Ia berharap kemitraan ini bisa mewujudkan masyarakat yang memiliki integritas, baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah, khususnya di SMPN 1 Kota Banjar.

"Saya atas nama SMPN 1 Kota Banjar berterima kasih kepada tim Saber Pungli yang telah memberikan arahan mengenai pencegahan kecurangan PPDB. Semoga PPDB ini berjalan lancar dan aman," ujarnya.

Senada dengan Aa Hasan Gunara, Kepala SMPN 2 Kota Banjar, Sarjo, juga menyampaikan pesan kepada seluruh orang tua bahwa semua sekolah itu sama saja.

Sarjo menjelaskan, bahwa pelaksanaan PPDB dilakukan melalui empat jalur, yakni prestasi, zonasi, perpindahan orang tua, dan afirmasi.

"Dalam pelaksanaan PPDB dengan empat jalur pendaftaran ini, orang tua harus paham bahwa jika anaknya tidak diterima, jangan memaksakan. Semua sekolah sama saja. Kami pihak sekolah bisa membantu jika tidak diterima di SMPN 2, kami bisa mengarahkan ke sekolah yang masih kosong," jelasnya.

"Kami berharap tidak ada orang tua yang memaksakan hak di luar aturan agar anaknya diterima karena semua sekolah itu sama saja," tambahnya.

Pengawasan PPDB di Kota Banjar

Pelaksanaan PPDB di Kota Banjar sudah dimulai. Saber Pungli bekerja sama dengan pihak sekolah menerjunkan timnya untuk melakukan sosialisasi terkait potensi kecurangan dalam pelaksanaan PPDB.

Adapun sekolah-sekolah yang dikunjungi Saber Pungli dan diberi arahan mengenai pencegahan pungli di Banjar antara lain SMPN 1, SMPN 2, SMPN 4, SMPN 6, SMPN 8, SMPN 9, dan SMPN 10 Kota Banjar.

Saber Pungli juga melakukan hal serupa ke tingkat sekolah menengah atas (SMA), di antaranya SMAN 1 dan SMAN 2 Kota Banjar, serta ke SMKN 1, SMKN 2, SMKN 3, dan SMKN 4 Kota Banjar.

L

 

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut