get app
inews
Aa Read Next : KPU Tetapkan DPT Kabupaten Tasikmalaya untuk Pilkada 2024, Ini Jumlahnya

Para Orang Tua Calon Siswa Baru Keluhkan Biaya Tes Kesehatan Mahal, Ini Penjelasan Kapus Cigeureung

Senin, 03 Juni 2024 | 18:01 WIB
header img
Para Orang Tua Calon Siswa Baru Keluhkan Biaya Tes Kesehatan Mahal, Ini Penjelasan Kapus Cigeureung. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Kristian

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Para calon siswa (casis) mulai mendatangi sejumlah puskesmas untuk melengkapi berkas persyaratan pemeriksaan kesehatan untuk masuk ke jenjang sekolah yang lebih tinggi. Hal ini menandai dimulainya mekanisme Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di berbagai jenjang pendidikan.

Salah satu puskesmas yang diserbu adalah Puskesmas Cigeureung, Kecamatan Cipedes, Kota Tasikmalaya. Ratusan casis dari SMK Negeri 1 Kota Tasikmalaya mendatangi puskesmas ini pada Senin (3/6/2024) pagi.

Namun, tarif pemeriksaan kesehatan yang diberlakukan oleh Puskesmas Cigeureung sebesar Rp40 ribu dikeluhkan oleh para orang tua casis. Salah satu orang tua, JR (48), warga Kecamatan Cipedes, menyatakan keberatannya.

"Masa iya tes kesehatan di sini sampai Rp 40 ribu, sedangkan di puskesmas lain Rp 10 ribu dan klinik Rp 25 ribu. Padahal hanya tes kesehatan biasa saja," kata JR kepada iNewsTasikmalaya.id.

Karena tarif tersebut, JR memutuskan untuk membawa anaknya ke fasilitas kesehatan lain yang biayanya lebih murah. "Anak saya akhirnya saya bawa ke klinik yang biayanya Rp25 ribu," tuturnya.

Seorang casis yang enggan disebutkan namanya juga membenarkan tarif tersebut. "Tidak ada tes darah atau urine, hanya cek tekanan darah, tinggi badan, berat badan, dan lainnya. Ini kwitansi dan hasilnya," ujarnya sambil memperlihatkan kwitansi dan hasil tesnya.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut