get app
inews
Aa Read Next : Berkolaborasi dengan PWI Tasikmalaya, Katar Desa Cihaur Manonjaya Gelar Bimtek Literasi Media

Subuh di Pesantren Para Syuhada

Sabtu, 29 Januari 2022 | 15:08 WIB
header img
Ponpes Sukamanah KH Zainal Musthafa yang Berada di Desa Sukarapih, Kecamatan Sukarame, Kabupaten Tasikmalaya. (Foto: iNewsTasikmalaya.id/Nanang Kuswara)

TASIKMALAYA, iNews.id - Sepanjang perjalanan menuju Kampung Bageur, Desa Sukarapih, Kecamatan Sukarame, Kabupaten Tasikmalaya, dari Jalan Utama Singaparna – Garut diselimuti kabut yang cukup tebal. 

Jalan kecil yang dilalui harus ditempuh dengan penuh hati-hati, mengingat jalanan juga berkelok-kelok ditambah hawa dingin yang menusuk tulang.

Pada saat menemukan sebuah tikungan dimana terdapat gapura yang merupakan gerbang masuk Pondok Pesantren Sukamanah KH Zainal Musthafa, hingga memutuskan untuk berhenti sejenak dan melafalkan do’a karena nampak jelas dikejauhan sebuah lingkungan makam bercat putih. 

Hingga perasaan pun bergetar mengingat mereka yang dimakamkan disana merupakan para syuhada, pimpinan pesantren beserta santrinya yang syahid diujung senapan tentara Jepang pada masa silam.

Sayup-sayup terdengar lantunan suara orang mengaji dari pengeras suara yang jelas terdengar dari lingkungan pesantren, sebuah MTsN dan MAN serta SMA dan SMK berdiri megah dibagian depan pintu masuk pesantren. 

Hingga berjarak beberapa puluh meter barulah menemukan dua lantai bangunan yang dihuni santri laki-laki yang berdampingan dengan Mesjid, sedangkan didepannya bangunan kantor serta gedung yang dihuni santri perempuan.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut