get app
inews
Aa Read Next : Pemilu 2024 Bisa Diselamatkan Bila Kelembagaan Negara Mampu Bersikap Profesional dan Netral 

Habib Luthfi Persembahkan Apel Kebangsaan dan Kirab Merah Putih untuk TNI-Polri dan Umat

Jum'at, 25 Agustus 2023 | 14:43 WIB
header img
Habib Luthfi Persembahkan Apel Kebangsaan dan Kirab Merah Putih untuk TNI-Polri dan Umat. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Heru Rukanda

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Habib Luthfi persembahkan apel kebangsaan dan kirab merah putih untuk TNI-Polri yang konsisten menjaga keutuhan Negera Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

Apel kebangsaan dan kirab merah putih dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara ke-77 yang digelar di Kota Tasikmalaya ini diikuti oleh belasan ribu masyarakat dari berbagai kalangan se-Priangan Timur, Jumat (25/8/2023).

Dalam sambutannya, Habib Luthfi menyampaikan tentang tujuan dari kirab merah putih. Menurutnya, kirab merah putih bukan sekadar kegiatan seremonial semata. Namun, ada makna yang besar di dalamnya. 

"Mengapa selalu kita kirabkan merah putih, selalu kita kirabkan di mana saja? Untuk mengingatkan kembali bahwa yang ada di dalam merah putih bukan sekadar kita ramai-ramai, karena di dalam kirab merah putih itu ada tiga hal yang harus kita ketahui, pertama harga diri bangsa, kehormatan bangsa, dan jati diri bangsa," ujar Habib Luthfi. 

Kirab merah putih ini juga untuk mengingatkan tentang bagaimana harus menjaga harga diri, kehormatan, dan jati diri bangsa. 

"Dari situ akan tumbuh rasa memiliki terhadap republik ini. Kita bangga menjadi bangsa Indonesia, bangga menjadi putra-putri Indonesia, kita bangga mempunyai tanah air Indonesia," ucapnya. 

Habib Luthfi menegaskan, seluruh rakyat Indonesia harus bangga menjadi bagian dari bangsa Indonesia dan menjaga persatuan dan kesatuan NKRI. 

"Apakah kitarela bangsa yang kita cintai ini terpecah belah? Jawab yang tegas, tidak. Kita orang merah putih harus berani menunjukan kebanggaan merah putih, kebanggaan Indonesia. Kirab merah putih ini juga untuk membekali regenerasi bangsa membangun dan menjawab tantangan umat dan bangsa. Jaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia," tegas Habib Luthfi. 

Kirab merah putih ini dihadiri langsung oleh Kapolda Jabar Irjend Pol Akhmad Wiyagus beserta seluruh jajarannya. Selain itu, hadir pula unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dari 6 kota dan kabupaten se-Priangan Timur. 

Usai apel kebangsaan, Habib Luthfi melepas para peserta kirab merah putih dari depan penggung utama di Jalan Yudanegara menyelusuri Jalan HZ Mustofa dan berakhir di Jalan Dadaha Kota Tasikmalaya. 

Dalam kirab merah putih tersebut, Habib Luthfi bersama Kapolda Jabar Irjend Pol Akhmad Wiyagus menaiki kereta kencana di belakang pasukan pengibar bendera (paskibra) Kota Tasikmalaya yang membawa puluhan bendera merah putih. 

Selain itu, para peserta kirab merah putih juga menampilkan berbagai kesenian tradisional dari masing-masing daerah. Bahkan ada kesenian barongsai dan naga liong dari warga Tionghoa. 

Kegiatan kirab merah putih ini mendapat sambutan dan antusias yang luar biasa dari masyarakat Tasikmalaya dan sekitarnya. 

Salah seorang warga, Teddy (35) mengatakan, kirab merah putih ini sangat meriah. Masyarakat diingatkan kembali tentang bagaimana mencintai tanah air.

"Meriah sekali. Saya sengaja datang untuk melihat kirab merah putih dan ingin melihat langsung Habib Luthfi," ujar Teddy.

Warga lainnya, Nijar (27) menyampaikan, dengan adanya kirab ini masyarakat diinginkan kembali tentang nilai-nilai patriotisme dan cinta tanah air.

"Saya bangga menjadi warga Indonesia. Menurut Habib Luthfi juga kita harus bisa menjaga diri bangsa, kehormatan bangsa, dan jati diri bangsa," ucapnya. 

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut