get app
inews
Aa Read Next : Viral Oknum Polisi Tembak 2 Debt Collector di Palembang, Pelaku Masih dalam Pengejaran

Ingin Buktikan Mitos Nyi Roro Kidul, Seorang Pemuda Berenang Pakai Baju Hijau di Pantai Selatan

Senin, 01 Mei 2023 | 20:45 WIB
header img
Ingin Buktikan Mitos Nyi Roro Kidul, Seorang Pemuda Berenang Pakai Baju Hijau di Pantai Selatan. Foto: Istimewa/Instagram

Mitos larangan mengenakan pakaian warna hijau ke pantai selatan sudah melegenda di masyarakat Indonesia. Konon, bila ada orang yang nekat berpakaian hijau ke pantai selatan, makan orang itu akan menjadi sasaran Nyi Roro Kidul untuk ditarik istana gaibnya dan dijadikan sebagai pelayan.

Mitos larangan tersebut rupanya dapat dijelaskan melalui kacamatan sains dan fakta sains. Di dalam ilmu pengetahuan, dijelaskan jika air laut memang tampak berwarna biru. Namun, dasar laut yang terdiri dari karang, rumput laut hingga pasir yang terkena sinar matahari akan membuat air laut berubah sehingga terlihat keruh dan berwarna kehijauan.

Sebagaimana diketahui, pantai selatan Jawa memiliki warna yang berbeda dengan warna pantai laut lainnya yang rata-rata berwarna biru bersih. Namun lain halnya dengan pantai selatan, di mana didominasi gelombang ombak laut yang tinggi serta besar dan didominasi warna hijau.

Sehingga ketika ada orang yang terseret ombak serta mengenakan pakaian warna hijau, akan menyulitkan tim SAR dalam pencarian karena air lautnya yang berwarna hijau.

Pantai selatan juga dikenal sebagai pantai yang berbahaya. Orang kerap tenggelam dan hilang ketika berenang di laut. Sebagian masyarakat percaya jika hilangnya orang tersebut ada kaitannya dengan sosok Nyi Roro Kidul.

Fakta kenapa banyak orang hilang di pantai selatan ini dijelaskan oleh ilmu pengetahuan. Dalam dunia sains, mengenal adanya fenomena rip current atau arus pecah.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut