Logo Network
Network

Wabup Garut Temui Nelayan Lobster Cikelet

Ii Solihin
.
Senin, 11 Oktober 2021 | 08:43 WIB
Wabup Garut Temui Nelayan Lobster Cikelet
Wabup Garut temui nelayan lobster Cikelet. (Ist)

GARUT, iNews.id - Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman, menemui para nelayan di Kampung Taman Manalusu, Kecamatan Cikelet, Sabtu (9/10/2021). 

Dalam kunjungan tersebut ia banyak menerima sejumlah aspirasi para nelayan, terkait peningkatan hasil tangkapan laut, khususnya lobster.

Menanggapi aspirasi para nelayan tersebut, Helmi berjanji akan menindaklanjutinya. Ia mengatakan para nelayan membutuhkan alat tangkap seperti jaring serta sarana pendukung lainnya.

"Dalam pertemuan kali ini kita banyak menampung aspirasi dari para nelayan. Mudah-mudahan dengan adanya pertemuan ini kami bisa memenuhi kebutuhan nelayan agar hasil tangkapan mereka meningkat," ujar dia.

Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Garut, Sofyan Yani, mengatakan perairan di Kecamatan Cikelet, terutama di Taman Manalusu, memiliki potensi laut yang cukup tinggi. Dalam satu hari para nelayan bisa menangkap sekitar lima kuintal losbter. 

"Kunjungan pak Wakil Bupati ini terkait pembinaan nelayan, difokuskan ke lobster. Lobster merupakan hasil laut yang memiliki nilai ekonomis tinggi harganya sampai Rp 600 ribu per kilo gram," tutur dia yang mendampingi kunjungan Wakil Bupati.

Dengan menggunakan alat tangkap manual saja, kata Sofyan, nelayan mampu mendapatkan losbter yang cukup banyak. Ia berharap dengan adanya bantuan fasilitas dari pemerintah daerah, tangkapan nelayan bisa lebih meningkat lagi. 

"Nelayan mengharapkan adanya bantuan alat tangkap, seperti perahu, jaring, alat selam, dan tabung gas oksigen. Semoga ini bisa kita realisasikan," imbuh dia.
 

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News

Bagikan Artikel Ini