get app
inews
Aa Read Next : Nelayan Pangandaran Hilang saat Cari Lobster, Tim SAR Lakukan Pencarian

Unik, 3 Jenis Hewan Ini Bisa Hidup Abadi tanpa Proses Penuaan

Senin, 19 Desember 2022 | 20:33 WIB
header img
Unik, 3 Jenis Hewan Ini Bisa Hidup Abadi Tanpa Proses Penuaan. Foto: Ilustrasi

JAKARTA, iNewsTasikmalaya.id – Secara alamiah beberapa jenis mahluk hidup dinyatakan dapat hidup abadi dan terhindar dari proses penuaan.

Kendati banyak orang berusaha untuk menunda proses penuaan, tapi tampaknya hal itu bagian yang tak bisa terelakan dari siklus kehidupan.

Proses penuaan merupakan kondisi penurunan fungsi normal secara bertahap. Pada tingkat sel itu berarti berhenti membelah diri dan akhirnya mati.

Dirangkum dari laman Science.org, Senin (19/12/2022) berikut ini tiga jenis hewan yang secara ilmiah dapat hidup abadi karena tidak mengalami proses penuaan.

1. Hydra

Hewan yang hidup abadi tanpa proses penuaan yang pertama adalah Hydra. Hewan ini terlihat agak mirip seperti pada tahap polip ubur-ubur. Tubuhnya berbentung tabung. Mulutnya bercincin tentakel di salah satu ujungnya dan kaki perekat di ujungn lainnya.

Hydra tinggal di satu tempat menggunakan tentakel penyengat untuk menangkap mangsa yang melewatinya. Mereka merupakan hewan yang sangat sederhana.

Hydra sepertinya tidak mengalami proses penuaan sama sekali. Alih-alih memburuk secara bertahap dari waktu ke waktu, sel-sel induk Hydra justru memiliki kapasitas pembaruan diri yang tak terbatas.

Kemampuan Hydra tersebut berkat seperangkat gen tertentu yang disebut gen FoxO yang ditemukan pada hewan dari cacing hingga manusia dan berperan dalam mengatur beberapa lama sel akan hidup.

Pada kasus sel induk Hydra, tampaknya ada ekspresi gen FoxO yang meluap-luap. Ketika para peneliti mencegah gen FoxO berfungsi, mereka menemukan bahwa sel-sel Hydra mulai menunjukan tanda-tanda penuaan dan tidak adak beregenerasi lagi seperti sebelumnya.

Sejauh ini belum diketahui secara persis cara kerjanya. Namun, gen memainkan peran penting dalam mempertahankan keremajaan Hydra yang tak ada habisnya.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut