get app
inews
Aa Read Next : Satu Rumah di Awipari Kota Tasikmalaya Rusak Terdampak Gempa Garut

Tanggul Sungai Dalam Suba Jebol, Banjir Landa Ratusan Rumah di Kota Tasikmalaya

Sabtu, 16 April 2022 | 22:00 WIB
header img
Tanggul Sungai Dalam Suba Jebol, Banjir Landa Ratusan Rumah di Kota Tasikmalaya. (Foto: iNewsTasikmalaya.id/Heru Rukanda)

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id – Tanggul Sungai Dalam Suba di wilayah Kelurahan Sukanagara, Kecamatan Purbaratu, Kota Tasikmalaya, jebol sepanjang lebih kurang 30 meter. Akibatnya, air sungai masuk ke pemukiman warga di Kampung Sukarsirna dan menyebabkan banjir setinggi 2 meter.

Jebolnya tanggul Sungai Dalam Suba tersebut diduga lantaran tidak kuat menahan derasnya arus air saat hujan deras melanda Kota Tasikmalaya dan sekitarnya pada Jumat (15/4/2022).

Dalam musibah bencana banjir tersebut, ratusan rumah warga terendam banjir dengan ketinggian yang variatif dari setinggi paha hingga dada orang dewasa.

159 Kepala Keluarga (KK) dari RT 01 dan RT 02 di RW 05 Kampung Sukasirna, Kelurahan Sukanagara, Kecamatan Purbaratu pun terpaksa harus mengungksi. Para korban banjir mengungsi di madrasah dan di rumah-rumah saudaranya masing-masing.

Kapolsek Cibeureum Polres Tasikmalaya Kota AKP Yusuf Setyanto mengatakan, banjir yang melanda pemukiman warga diakibatkan curah hujan yang tinggi dan jebolnya tanggul Sungai Dalam Suba.

“Dari hasil peninjauan, tanggul yang jebol itu diakibatkan oleh arus air sungai yang besar sehingga air masuk ke pemukiman dan menyebabkan banjir. Tanggul yang jebol sepanjang 20 sampai 30 meter,” ujar Yusuf, Sabtu (16/4/2022).

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut