get app
inews
Aa
Read Next : Pemilu 2024 Bisa Diselamatkan Bila Kelembagaan Negara Mampu Bersikap Profesional dan Netral 

75 Desa di Kabupaten Ciamis Akan Gelar Pilkades Serentak 27 Maret 2022

Rabu, 23 Februari 2022 | 09:30 WIB
header img
75 Desa di Kabupaten Ciamis Akan Gelar Pilkades Serentak 27 Maret 2022. (Foto: Ist)

CIAMIS, iNews.id - Sebanyak 75 desa di 25 Kecamatan di Kabupaten Ciamis akan menggelar Pemilihan kepala Desa (Pilkades) serentak pada 27 Maret 2022 mendatang. 

Hal tersebut disampaikan Bupati Ciamis Herdiat Sunarya saat memimpin saat memimpin rapat koordinasi penanganan Covid-19 bersama Forkopimda di Aula Sekretariat Daerah Kabupaten Ciamis, Senin (21/2/2022).

“Kita telah menetapkan pelaksanaan Pilkades Serentak 27 Maret 2022 nanti. Saat ini untuk tahapan Pilkades sudah berjalan dari sekarang,” ujar Herdiat dalam keterangan resminya.

Dikatakan dia, untuk tahapan Pilkades Serentak 2022, pelaksanaan pengundian dan penetapan nomor urut dilaksanakan pada 12 Maret 2022.

Tahapan kampanye dilaksanakan selama 3 hari pada 21-23 Maret 2022. Untuk hari tenang 24-26 Maret 2022 dan pelaksanaan pemilihan digelar serentak 27 Maret 2022. 

Herdiat menegaskan, dalam pelaksanaan Pilkades serentak nanti agar berkaca pada pengalaman di tahun sebelumnya. Penyelenggara harus mempersiapkan secara menyeluruh dan tertib. 

"Kita mengharapkan pelaksanaan Pilkades serentak dapat berjalan lancar, aman dan tertib. Semoga leveling PPKM kita tidak turun, minimal level 2," kata Herdiat. 

Ia meminta aparat TNI dan Polri yang bertugas di wilayah penyelenggaraan Pilkades untuk membantu mengamankan jalannya pesta demokrasi di level desa. 

"Kami (Pemkab Ciamis) meminta bantuannya kepada TNI dan Polri untuk menyukseskan Pilkades serentak nanti," ucapnya.

Kapolres Ciamis AKBP Tony Prasetyo Yudhankoro mengatakan, pihaknyabakan mendukung kelancaran pelaksanaan Pilkades serentak dengan bekerjasama dengan pihak TNI. 

"Kita mendukung pelaksanaan Pilkades serentak nanti. Para personel akan dikerahkan untuk lancarnya pelaksanaan Pilkades di Ciamis," ujar Tony. 

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut