get app
inews
Aa Read Next : Prakiraan Cuaca Kota Banjar dan Sekitarnya, Kamis 11 April 2024: Pagi Hari Berawan  

Program Jaga Desa Atasi Masalah Pengelolaan Dana Desa di Kota Banjar

Jum'at, 15 Maret 2024 | 22:15 WIB
header img
Program Jaga Desa Atasi Masalah Pengelolaan Dana Desa di Kota Banjar. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Budiana Martin

BANJARi, NewsTasikmalaya.id - Kejaksaan Negeri Kota Banjar melakukan penerangan dan penyuluhan hukum kepada para kepala desa di seluruh Kota Banjar, Jawa Barat, pada Jumat (15/3/2024).

Desa merupakan unit pemerintahan terkecil yang secara langsung berinteraksi dengan masyarakat. Pembangunan desa tidak hanya mengandalkan pemenuhan kebutuhan dasar, tetapi juga melalui pembangunan sarana prasarana dan pengembangan potensi ekonomi lokal dengan menggunakan Dana Desa.

Pengelolaan Dana Desa menjadi aspek krusial dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di pedesaan. Namun, seringkali terjadi masalah ketika alokasi dana tidak sesuai dengan rencana yang telah disusun oleh aparat desa.

Kepala Seksi Intelijen Kejaksaan Kota Banjar, Akhmad Fakhri, menjelaskan bahwa penerangan hukum ini merupakan bagian dari program nasional yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran hukum masyarakat.

"Program ini bertujuan untuk mencegah terjadinya pelanggaran hukum serta memperkenalkan program Jaksa Garda Desa (Jaga Desa) sesuai instruksi Jaksa Agung RI nomor 5 tahun 2023 tentang Optimalisasi Peran Kejaksaan RI dalam membangun kesadaran hukum masyarakat desa melalui program Jaga Desa," ujar Akhmad. 

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut