get app
inews
Aa Read Next : Persyaratan Calon Independen untuk Pilkada 2024, KPU: Minimal 10 Persen DPT

Mahasiswa Pertanyakan Integritas KPU Kota Banjar Jelang Pilkada 2024, Dugaan Adanya Nepotisme

Kamis, 07 Maret 2024 | 18:18 WIB
header img
Mahasiswa Pertanyakan Integritas KPU Kota Banjar Jelang Pilkada 2024, Dugaan Adanya Nepotisme. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Budiana Martin

BANJAR, iNewsTasikmalaya.id - Puluhan mahasiswa menggelar aksi unjuk rasa di halaman kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjar, Jawa Barat. Mereka mengungkap dugaan nepotisme yang terjadi di internal KPU Kota Banjar.

Dugaan tersebut berasal dari hasil seleksi Tenaga Administrasi tingkat kabupaten/kota. Mereka menilai bahwa KPU Banjar memberikan perlakuan istimewa kepada salah satu peserta seleksi tersebut.

Padahal, peserta yang lulus dalam seleksi sebelumnya telah dinyatakan tidak lulus administrasi karena tidak memenuhi syarat kualifikasi pendidikan minimal D3 dari semua jurusan. Mahasiswa menilai bahwa integritas KPU Kota Banjar telah tercemar.

"Kinerja KPU Kota Banjar harus dipertanyakan. KPU seharusnya netral, namun malah merusak integritas sebagai penyelenggara Pemilu," ujar Koordinator Aksi Mahasiswa, Irwan Herwanto, pada Kamis (7/3/2024).

Ia juga menilai bahwa sistem di dalam KPU Kota Banjar sudah rusak dan tidak patut ditiru oleh generasi muda. Kehadiran mahasiswa merupakan upaya untuk memerangi ketidakadilan.

"Penyelenggaraan pemilu, termasuk Pilkada yang akan datang, harus diawasi. Di KPU terdapat banyak indikasi yang merusak integritas," tambahnya.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut