get app
inews
Aa Read Next : Prakiraan Cuaca Kota Banjar dan Sekitarnya, Kamis 11 April 2024: Pagi Hari Berawan  

Pertunjukan Musik Drama Lintas Etnis Meriahkan Perayaan Adat Hajat Bumi di Kota Banjar

Minggu, 23 Juli 2023 | 21:36 WIB
header img
Pertunjukan Musik Drama Lintas Etnis Meriahkan Perayaan Adat Hajat Bumi di Kota Banjar. Foto: Istimewa

BANJAR, iNewsTasikmalaya.id – Perayaan adat Hajat Bumi yang diselenggarakan oleh Kawargian Pulo Majeti di Kampung Siluman, Pulo Majeti, Kelurahan Purwaharja, Kota Banjar, berlangsung meriah, Minggu (23/7/2023).

Suara gamelan dan angklung mengiringi tari-tarian serta aksi teaterikal dalam pagelaran musik drama bertajuk ‘Sarakan Mangsa’. Pagelaran musik drama ini merupakan bagian dari rangkaian besar perayaan adat Hajat Bumi yang berlangsung selama 3 hari, mulai dari Minggu (23/7/2023) hingga Selasa (25/7/2023).

Pagerlan musik drama ‘Sarakan Mangsa’ merupakan pertunjukan kolaborasi antara Gamelan Kontemporer Ki Pamanah Rasa dari Sakola Motékar dengan Kelompok Angklung Silih Asih dari Masyarakat Tionghoa Peduli Ciamis dan Banjar.

Alunan musik drama ini tidak hanya menawarkan refleksi yang mendalam tentang peziarahan hidup manusia, penampilan kolaborasi lintas-etnis ini juga memberikan pemandangan yang sangat indah tentang perbedaan dan keberagaman Indonesia.

Kang Ebel, pemimpin kelompok Gamelan Kontemporer Ki Pamanah Rasa mengatakan, para pemain gamelan yang notabene orang-orang Sunda dan para pemain angklung yang notabene etnis Tionghoa, dipadukan dalam satu harmoni pertunjukkan musik yang indah.

“Ini memberi gambaran nyata kepada seluruh rakyat Indonesia, bahwa perbedaan itu dapat menghasilkan sesuatu yang baik dan positif,” kata Kang Ebel.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut