get app
inews
Aa Read Next : Jangan Sepelekan Sakit di 5 Bagian Tubuh Ini, Bisa Jadi Gejala Kolesterol Tinggi

Minuman Pantangan untuk Penderita Kolesterol Tinggi, Jangan Coba-coba di Konsumsi!

Senin, 05 September 2022 | 19:56 WIB
header img
Minuman Pantangan untuk Penderita Kolesterol Tinggi (Foto: Freepik)

2. Minuman Olahan Susu

Minuman pantangan untuk penderita kolesterol tinggi yang kedua adalah minuman olahan dari susu, salah satunya milkshake.

Minuman ini dikenal sebagai produk minuman sehat dengan memiliki rasa yang lezat. Pasalnya, susu dikenal karena kaya akan kandungan protein dan nutrisi yang sangat baik untuk pertumbuhan tubuh.

Namun jangan salah, tidak semua susu boleh dikonsumsi. Dalam 1 cangkir susu sapi mengandung 24 mg kolesterol, 5 gr lemak jenuh dan 146 kalori. Berarti jika mengkonsumsi susu sapi tersebut dapat menyebabkan kadar kolesterol semakin tinggi.

Terlebih lagi jika dikonsumsi dengan krim yang mengandung banyak lemak, sudah pasti kandungan kolesterol pada minuman tersebut akan sangat bahaya. Maka bagi penderita kolesterol disarankan untuk mengonsumsi susu jenis lainnya.

3. Kopi

Minuman pantangan untuk penderita kolesterol tinggi yang ketiga adalah kopi. Minuman yang mengandung kopi termasuk salah satu minuman yang membuat kadar kolesterol jahat meningkat.

Jadi bagi Anda pecinta minuman kopi sebaiknya waspada karena kopi mengandung kafein. Namun, tak semua kopi dikaitkan dengan peningkatan kadar kolesterol, karena tergantung pada bagaimana kopi diseduh. 

Senyawa penambah kolesterol ampuh yang disebut cafestol ditemukan di tingkat tertinggi dalam kopi tanpa filter dalam french press dan espresso. Dekafeinasi tidak mengurangi kolesterol, namun senyawa tersebut dihilangkan dengan filter kertas kopi.

Peneliti dari Belanda dan Baylor College of Medicine di Texas dalam sebuah studi 2007 yang diterbitkan di Molecular Endocrinology menunjukkan bahwa cafestol meningkatkan kolesterol dengan mengganggu reseptor di saluran usus yang mengatur lipoprotein.

4. Alkohol

Terakhir, minuman pantangan untuk penderita kolesterol tinggi yakni alkohol. Selain memicu penambahan berat badan, mengonsumsi alkohol secara berlebihan juga dapat meningkatkan kadar kolesterol.

Karena jika Anda kelebihan berat badan, tingkat kolesterol jahat akan meningkat. Selain itu, kondisi ini juga dapat menurunkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

Agar terhindar dari risiko tersebut, pria sebaiknya tidak mengonsumsi alkohol lebih dari dua gelas dalam sehari. Sementara itu, wanita maksimal hanya boleh mengonsumsi alkohol sebanyak satu gelas tiap harinya.

Itulah minuman pantangan untuk penderita kolesterol tinggi. Semoga bermanfaat.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut