get app
inews
Aa Read Next : Tumbang dan Meninggal saat Bawa Padi untuk Digiling, Komarudin Ternyata Punya Penyakit Jantung

Inilah 8 Tanda Kolesterol Tinggi dalam Tubuh yang Perlu Diwaspadai, Cepat Tangani Sebelum Terlambat!

Kamis, 28 Juli 2022 | 08:08 WIB
header img
Inilah 8 Tanda Kolesterol Tinggi dalam Tubuh yang Perlu Diwaspadai, Cepat Tangani Sebelum Terlambat!. (Foto: Ilustrasi/Freepik)

JAKARTA, iNewsTasikmalaya.id – Delapan tanda kadar kolesterol tinggi dalam tubuh yang perlu Anda waspadai dapat disimak dalam artikel di bawah ini.

Kolesterol merupakan zat seperti lemak yang diproduksi oleh hati. Zat ini penting untuk pembentukan membran sel, vitamin D, dan hormon tertentu.

Kolesterol tidak larut di dalam air sehingga tidak dapat berjalan melalui tubuh dengan sendirinya. Partikel yang dikenal sebagai lipoprotein membantunya mengangkut kolesterol melalalui aliran darah.

Ada dua bentuk utama lipoprotein. Yakni low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat, dan High-density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik. Keduanya memiliki peran penting masing-masing di dalam tubuh.

Namun, jika kolesterol jahat dalam darah tinggi, maka akan membentuk plak pada pembuluh darah. Jika kondisi ini dibiarkan, hal ini bisa menyebabkan komplikasi dan yang paling berbahaya dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Kolesterol sama halnya dengan diabetes. Keduanya merupakan penyakit golongan silent killer. Karena kebanyakan penderita tidak menyadari memiliki penyakit tersebut bila tak melakukan tes darah.

Oleh karena itu, perlu dilakukan pengecekan dan kepedulian diri mengetahui tanda kolesterol sedang tinggi. Lantas, apa saja tanda-tanda kolesterol tinggi pada tubuh yang perlu diketahui? Berikut ini tanda kolestrol tinggi yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Sering sakit kepala

Salah satu tanda umum kolesterol tinggi adalah sakit kepala. Penumpukan lemak di pembuluh darah dapat menyebabkan saluran darah menyempit dan pasokan oksigen jadi berkurang. Tak heran, jika penderita kolesterol sering mengalami sakit kepala.

2. Sering kesemutan

Tanda yang mungkin muncul akibat kolesterol tinggi adalah kaki dan tangan yang mudah kesemutan. Bahkan, tak jarang terdapat beberapa kasus, kaki juga mengalami rasa nyeri, ngilu, atau kondisi yang tidak nyaman ketika digunakan berjalan atau digerakkan sekalipun.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut