get app
inews
Aa Read Next : Warga Tasikmalaya Wajib Datang Nobar Timnas Indonesia Vs Uzbekistan di Bale Kota

Sejarah Lahirnya Kota Tasikmalaya, Awalnya Hanya 3 Kecamatan

Senin, 28 Maret 2022 | 12:29 WIB
header img
Sejarah Lahirnya Kota Tasikmalaya, Awalnya Hanya 3 Kecamatan. (Foto: iNewsTasikmalaya.id/Heru Rukanda)

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id – Sejarah lahirnya Kota Tasikmalaya sebagai daerah otonomi, tidak terlepas dari sejarah berdirinya Kabupaten Tasikmalaya sebagai daerah kabupaten induk.

Sehingga, sejarah lahirnya Kota Tasikmalaya ini merupakan bagian dari rangkaian perjalanan Kabupaten Tasikmalaya.

Dilansir dari laman resmi milik Pemkot Tasikmalaya, pada waktu A. Bunyamin menjabat sebagai Bupati Tasikmalaya 1976 sampai dengan 1981, tonggak sejarah lahirnya Kota Tasikmalaya dimulai dengan diresmikannya Kota Administratif (Kotif)Tasikmalaya .

Peresmian Kotif Tasikmalaya diatur dalam peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 1976 oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) H Amir Machmud.

Peristiwa ini ditandai dengan penandatangan Prasasti yang sekarang terletak di depan gedung DPRD Kabupaten Tasikmalaya.

Pada waktu yang sama dilantik pula Wali Kota Administratif Tasikmalaya pertama yaitu Drs H Oman Roosman oleh Gubernur KDH Tingkat I Jawa Barat H Aang Kunaefi.

Pada awal pembentukannya, wilayah Kota Administratif Tasikmalaya meliputi 3 kecamatan, yaitu Kecamatan Cipedes, Kecamatan Cihideung dan Kecamatan Tawang dengan jumlah desa sebanyak 13 desa.

Lahirnya Pemkot Tasikmalaya berkat perjuangan unsur Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Tasikmalaya yang dipimpin Bupati saat itu H Suljana WH.

Bersama tokoh masyarakat Kabupaten Tasikmalaya, dirintislah pembentukan Kota Tasikmalaya dengan lahirnya tim sukses (timses) pembentukan Pemkot Tasikmalaya yang diketuai oleh H Yeng Ds Partawinata SH beserta tokoh - tokoh masyarakat lainnya.

Melalui proses panjang, akhirnya di bawah pimpinan Bupati Drs Tatang Farhanul Hakim, pada 17 Oktober 2001 melalui Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2001, Kota Tasikmalaya diresmikan oleh Menteri Dalam Negeri atas nama Presiden RI di Jakarta bersama-sama dengan Kota Lhoksumawe, Langsa, Padangsidempuan, Prabumulih, Lubuk Linggau, Pager Alam, Tanjung Pinang, Cimahi, Batu, Sikawang dan Bau-bau.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut