get app
inews
Aa Read Next : BBWS Citanduy: Impounding Bendungan Leuwikeris Tidak Akan Ganggu Pasokan Air Irigasi di Kota Banjar

Sempat Dikenal Sebagai Tempat Pembuangan Mayat, Ini Sejarah Singkat Desa Neglasari di Kota Banjar

Sabtu, 21 September 2024 | 12:04 WIB
header img
Sempat Dikenal Sebagai Tempat Pembuangan Mayat, Ini Sejarah Singkat Desa Neglasari di Kota Banjar. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Budiana Martin

Asal Usul Nama dan Sejarah Desa Neglasari

Nama Neglasari berasal dari dua kata dalam Bahasa Sunda, yaitu "Negla" yang berarti katingali atau terlihat jelas dan Sari yang berarti rasa atau kenikmatan. 

Sehingga, Neglasari dapat diartikan sebagai tempat yang terlihat jelas dan memberikan rasa atau kenikmatan.

Pada Mei 1992, Desa Neglasari pindah dari Kecamatan Cimaragas, Kabupaten Ciamis, ke wilayah Pemerintah Kota Administratif Banjar karena Kecamatan Banjar kekurangan wilayah dan penduduk. 

Pada 6 September 2001, Desa Neglasari mendapatkan tambahan wilayah dari Desa Bantarsari, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, yaitu Dusun Cikapundung.

"Dengan penambahan wilayah ini, Desa Neglasari kini memiliki empat dusun, yaitu Cipariuk, Cilengkong, Warung Buah, dan Cikapundung," lanjut Setiaman.

Desa Neglasari berbatasan dengan beberapa wilayah, di antaranya Desa Balokang di sebelah utara, Kelurahan Banjar di sebelah timur, Sungai Cikembang dan Desa Pasir Nagara di sebelah selatan, serta Kelurahan Situbatu di sebelah barat.

Kepala Desa dari Masa ke Masa

Sejak berdiri pada tahun 1984, Desa Neglasari telah dipimpin oleh beberapa kepala desa. Kepala desa pertama adalah Didi Hamid, yang menjabat sebagai pejabat sementara dari tahun 1984 hingga 1985, sebelum terpilih sebagai kepala desa definitif hingga 1993.

Setelah Didi Hamid, Tatang Sumarna menjabat dari tahun 1999 hingga 2007, kemudian dilanjutkan oleh Bakin Kusmana hingga 2013. 

Pada tahun yang sama, Yayat Kuswandana menjabat sebagai pejabat sementara sebelum akhirnya Setiaman memimpin Desa Neglasari sejak April 2013 hingga sekarang.

 

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut