get app
inews
Aa Read Next : Pemkot Tasikmalaya Raih Penghargaan Kategori Best Public Health Protection and Poverty Alleviation

Wapres Ma’ruf Amin Apresiasi Capaian Universal Health Coverage di Indonesia di Atas 98 Persen

Kamis, 08 Agustus 2024 | 20:42 WIB
header img
Wapres Ma’ruf Amin Apresiasi Capaian Universal Health Coverage di Indonesia di Atas 98 Persen. Foto: Tangkapan Layar

JAKARTA, iNewsTasikmalaya.id – Universal Health Coverage (UHC) bertujuan untuk memastikan setiap individu memiliki akses terhadap layanan kesehatan yang adil dan berkualitas tanpa kendala finansial.

Di Indonesia, inisiatif ini diimplementasikan melalui Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Pada 2024, target kepesertaan JKN-KIS dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) adalah mencapai minimal 98 persen dari total populasi.

Wakil Presiden Republik Indonesia K.H. Ma’ruf Amin memberikan penghargaan UHC Award 2024 atas pencapaian ini, di mana lebih dari 275 juta jiwa telah terdaftar dalam JKN-KIS.

Penerimaan penghargaan UHC Award 2024 berlangsung di The Krakatau Grand Ballroom, Jakarta Timur, pada Kamis (8/8/2024).

“Capaian ini adalah hasil dari sinergi antara BPJS Kesehatan, kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah,” ujar Wapres Ma’ruf Amin, dikutip dari YouTube BPJS Kesehatan, Kamis (8/8/2024).

Namun, Wapres juga mengingatkan perlunya evaluasi berkelanjutan terkait masalah tunggakan iuran dan pemenuhan kewajiban peserta.

Wapres Ma'ruf Amin menekankan perlunya perluasan kepesertaan hingga 100 persen, dengan melibatkan tokoh masyarakat dan agama dalam sosialisasi manfaat JKN-KIS.

Wapres juga mengarahkan agar pemerintah daerah memastikan setiap penduduk terdaftar dalam program ini dan mengatasi masalah keterlambatan pembayaran iuran melalui pendekatan yang lebih efektif, seperti program restrukturisasi atau insentif.

“Monitoring dan evaluasi kualitas pelayanan juga penting untuk memastikan manfaat JKN-KIS benar-benar dirasakan oleh masyarakat, termasuk di daerah terpencil dan perbatasan,” ucap Wapres.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut