get app
inews
Aa Read Next : Bangun Keakraban dengan Wartawan, Didi Riadi Nikmati Kuliner Khas Tasikmalaya Rujak Bi Icar

Menikmati Kelezatan Nasi Tutug Oncom Kuliner Khas Tasikmalaya, Rasanya Juara

Senin, 15 April 2024 | 10:15 WIB
header img
Menikmati Kelezatan Nasi Tutug Oncom Kuliner Khas Tasikmalaya, Rasanya Juara. Foto: Istimewa

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Selain terkenal dengan keindahan alamnya, Kota Tasikmalaya di Jawa Barat juga dikenal dengan kekayaan kuliner tradisionalnya. 

Salah satu hidangan yang tidak boleh terlewatkan adalah Nasi Tutug Oncom (TO), sajian kuliner khas Sunda yang mengundang selera dan mengajak penikmatnya merasakan kelezatan cita rasa lokal.

Asal Usul dan Bahan Utama

Nasi Tutug Oncom mengambil nama dari kata "tutug", yang berarti dicampur, dan "oncom", salah satu jenis hasil fermentasi kedelai. 

Oncom sendiri merupakan makanan tradisional Indonesia yang terbuat dari ampas tahu atau kedelai yang difermentasi oleh kapang. Proses fermentasinya memberikan oncom rasa khas dan tekstur yang unik.

Cara Pembuatan

Untuk membuat Nasi Tutug Oncom, oncom matang dipotong kecil-kecil dan dicampur dengan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, terasi, garam, serta cabai yang diulek halus. 

Bumbu ini kemudian ditumis hingga harum dan matang. Nasi yang baru dimasak kemudian dicampur dengan oncom yang telah dibumbui. 

Campuran tersebut kemudian diulek atau ditutug bersama-sama. Proses ini memastikan rasa bumbu meresap sempurna ke dalam nasi dan oncom.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut