get app
inews
Aa Read Next : Psikolog: Sosialisasi Pencegahan dan Pemberantasan Narkoba Baiknya Dimulai dari Keluarga

Nasi Tutug Oncom: Kelezatan Kuliner Khas Tasikmalaya

Jum'at, 29 September 2023 | 14:26 WIB
header img
Nasi Tutug Oncom: Kelezatan Kuliner Khas Tasikmalaya. Foto: Instagram

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Tasikmalaya, sebuah kota di Jawa Barat. Kota ini tak hanya terkenal dengan keindahan alamnya, tetapi juga dengan kekayaan kuliner tradisionalnya. 

Salah satu hidangan yang patut dicicipi adalah Nasi Tutug Oncom (TO). Sebuah sajian khas yang menggugah selera dan mengajak Anda untuk merasakan kelezatan cita rasa lokal.

Jika Anda berkunjung ke Tasikmalaya, kuliner khas Tasikmalaya nasi tutug oncom patut dicoba kelezatannya. 

Asal Usul dan Bahan Utama

Nasi Tutug Oncom berasal dari kata “tutug”, yang berarti dicampur, dan “oncom”, yaitu salah satu jenis hasil fermentasi kedelai. Oncom adalah makanan tradisional Indonesia yang terbuat dari ampas tahu atau kedelai yang difermentasi oleh kapang. Proses fermentasinya memberi oncom rasa yang khas dan tekstur yang unik.

Cara Pembuatan

Untuk membuat Nasi Tutug Oncom, oncom yang telah matang dipotong kecil-kecil dan dicampur dengan bumbu yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, terasi, garam, serta cabai yang diuleg halus.

Bumbu ini kemudian ditumis hingga harum dan matang. Nasi yang baru matang lalu dicampur dengan oncom yang sudah dibumbui ini. Campuran tersebut kemudian diuleg atau ditutug bersama-sama. Proses ini membuat rasa bumbu meresap sempurna ke dalam nasi dan oncom.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut