get app
inews
Aa Read Next : Wakasad Letjend TNI Tandyo Budi R Cek Fasdik Wilayah Kodam III Siliwangi

Buka SJI di Bandung, Nadiem Makarim: Misinformasi dan Disinformasi Rentan Terjadi di Masyarakat

Selasa, 06 Februari 2024 | 16:34 WIB
header img
Buka SJI di Bandung, Nadiem Makarim: Saat ini Misinformasi dan Disinformasi Rentan Terjadi di Masyarakat. Foto: Istimewa

BANDUNG, iNewsTasikmalaya.id - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim, mengungkapkan, saat ini misinformasi dan disinformasi rentan terjadi di masyarakat.

Hal itu akibat pemberitaan yang ada saat ini seolah tidak memiliki standar penulisan yang komprehensif dan integritas yang kuat.

Mendikbudristek menyampaikan hal tersebut, saat memberikan sambutan pada pembukaan Sekolah Jurnalisme Indonesia (SJI) Kelas Muda Angkatan pertama, di Sekretariat PWI Jawa Barat, Jalan Wartawan, Kota Bandung, Selasa (6/2/2024). 

"Saya suka dibuat pusing oleh beberapa publikasi berita online atau daring tentang sebuah isu. Pusing karena tidak komprehensif. Padahal saya belum mengetahui isu tersebut sebelumnya," kata Nadiem.

Ia pun berpesan agar para wartawan selalu menjaga kualitas produk jurnalisme yang dibuatnya di tengah disrupsi informasi seperti yang terjadi saat ini.

“Saya sendiri suka berita di mana setiap orang dijelaskan. Bahkan orang terkenal pun dijelaskan siapa dia. Seolah pembaca tidak mengetahui hal itu. Itu menurut saya salah satu adalah standar jurnalisme yang perlu diterapkan, sehingga masyarakat pun naik tingkat literasinya," ujar Mendikbudristek. 

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut