get app
inews
Aa Read Next : Dandim 0612 Tasikmalaya Pimpin Upacara Kenaikan Pangkat Puluhan Anggota

Letkol Kopassus Atang Sutresna Kelahiran Tasikmalaya Gugur, Peluru Fretilin Robek Perut dan Kepala

Senin, 25 Desember 2023 | 19:53 WIB
header img
Prajurit Kopassus TNI AD. Letkol Atang Sutresna gugur menjadi pahlawan. Peluru pasukan Fretilin menembus perut Letkol Atang. Foto: Dok/Ilustrasi

Bersama dengan 19 prajurit Komando Pasukan Sandhi Yudha (Kopassandha), yang sekarang dikenal sebagai Kopassus, Mayor Atang, yang lahir di Tasikmalaya pada 22 Agustus 1943, terlibat dalam Operasi Seroja. Tugasnya meliputi merebut beberapa lokasi strategis seperti kantor gubernur, lapangan terbang, dan pelabuhan.

Sebagai Komandan Detasemen Tempur (Dandenpur) I Nanggala V Grup 1 Kopassandha, Mayor Atang juga diberi tugas tambahan untuk membantu mengamankan prajurit Korps Marinir yang akan mendarat melalui jalur laut serta mengibarkan Bendera Merah Putih untuk menandai lokasi yang telah direbut dari tangan musuh.

Pada tanggal 7 Desember 1975, menjelang subuh, seluruh pasukan diterjunkan dari pesawat C-130 Hercules. Sayangnya, sebelum sempat mendarat, pasukan Fretilin menyerang pasukan Mayor Atang dengan tembakan membabi buta. Beberapa prajurit tewas terkena peluru saat payung masih terbuka di udara.

Setelah mendarat, Mayor Atang bersama dua anggotanya, yaitu Koptu Sugeng dan Koptu Suhar, maju untuk merebut tempat-tempat strategis. Meskipun terus diserang oleh tembakan musuh, Mayor Atang kemudian meminta kedua anggotanya untuk mengibarkan Bendera Merah Putih.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut