get app
inews
Aa Read Next : Politik Uang dan Hukum Menerima Sogokan Pemilu dalam Perspektif Islam

Antisipasi Cuaca Ekstrem pada Pemilu 2024, KPU Ciamis Koordinasi dengan BPBD untuk Mitigasi Bencana

Rabu, 22 November 2023 | 16:45 WIB
header img
Antisipasi Cuaca Ekstrem pada Pemilu 2024, KPU Ciamis Koordinasi dengan BPBD untuk Mitigasi Bencana. Foto: Ilustrasi/Istimewa

Untuk memastikan keamanan pendistribusian logistik Pemilu 2024, Sarno menyebut, bahwa penggunaan mobil tertutup (mobil box) akan menjadi prioritas, baik dari KPU ke tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) maupun dari PPK ke Panitia Pemilihan Sub Kecamatan (PPS).

"Sama dengan Pemilu 2019, untuk pendistribusian logistik ini kami sedang menjajaki kerjasama dengan PT Pos Indonesia yang punya armada mobil box," ungkap Sarno.

Selain itu, pendistribusian logistik dari PPS ke Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) atau Tempat Pemungutan Suara (TPS) juga harus dilakukan dengan aman agar tidak terkena guyuran hujan.

Sarno juga menekankan pentingnya pemilihan lokasi TPS dengan mempertimbangkan mitigasi bencana, seperti ancaman longsor, banjir, pohon tumbang, dan angin kencang. Lokasi TPS harus aman, nyaman, dan dilengkapi dengan jalur evakuasi jika terjadi bencana.

"Untuk tahapan pemilu ini, terlebih menghadapi hari H pemilu, kami akan berkoordinasi dengan BPBD (Ciamis)," ungkap Sarno.

Dari total 3.943 TPS yang akan digunakan pada Pemilu 2024, Sarno menambahkan, bahwa tingkat kerawanan bencana akan dipetakan. 

Hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi menghadapi cuaca ekstrim yang diperkirakan mencapai puncaknya pada pertengahan Februari mendatang.

 

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut