get app
inews
Aa Read Next : Satu Rumah di Awipari Kota Tasikmalaya Rusak Terdampak Gempa Garut

Situ Gede Tasikmalaya Mengering, Berkah Bagi Pencari Rumput Bisa Dapat Upah Rp100.000 per Hari

Senin, 30 Oktober 2023 | 18:31 WIB
header img
Objek Wisata Situ Gede Tasikmalaya Mengering, Berkah Bagi Pencari Rumput Bisa Dapat Upah Rp100.000 per Hari. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Firman Suryaman

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Objek wisata Situ Gede, Kota Tasikmalaya, diserbu para pencari rumput untuk pakan ternak pada musim kemarau ini.

Kemarau berkepanjangan yang berlangsung sudah sekitar tiga bulan, menyebabkan air situ seluas 46 hektar mengering dan saat ini ditumbuhi rumput.

Hamparan rumput hijau dimanfaatkan oleh para peternak sebagai lahan mencari rumput. Termasuk sejumlah warga yang sengaja didrop perusahaan peternakan kambing untuk mengais rumput.

Ada sembilan orang yang didrop perusahaan ternak itu. Tak hanya pria tapi juga ibu-ibu. "Sudah beberapa hari saya mengambil rumput di sini," tutur Esih (47), salah seorang buruh pencari rumput.

Dari satu kilogram rumput yang berhasil dikumpulkan seorang buruh pencari rumput ini, pihak perusahaan memberikan upah Rp 500. 

Esih sendiri mengaku rata-rata per hari bisa memotong sebanyak dua kuintal rumput yang dimasukkan kemudian ke dalam beberapa karung.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut