get app
inews
Aa Read Next : Prakiraan Cuaca Kota Banjar dan Sekitarnya, Kamis 11 April 2024: Pagi Hari Berawan  

Hari Sumpah Pemuda dan Harapan Petani Muda di Kota Banjar

Sabtu, 28 Oktober 2023 | 10:43 WIB
header img
Hari Sumpah Pemuda dan Harapan Petani Muda di Kota Banjar. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Budiana Martin

BANJAR, iNewsTasikmalaya.id - Sumpah Pemuda merupakan sebuah peristiwa sejarah yang terjadi pada 28 Oktober 1928 di Indonesia. Momen penting ini merupakan peristiwa dalam perjuangan kemerdekaan rakyat Indonesia dari penjajahan Belanda.

Peran pemuda waktu itu diceritakan sangat strategis. Sehinga mereka digambarkan sebagai pewaris dan penerus bangsa. "Di pundak mereka (pemuda) masa depan bangsa dipertaruhkan" menjadi kalimat yang sering diucapkan dalam peringatan Sumpah Pemuda.

Meski demikian, ada satu hal penting yang kini sudah banyak dilupakan oleh para pemuda, yakni peran mereka di sektor pertanian. Ini menjadi penting, karena para pemuda khususnya di Kota Banjar terekam semakin tidak tertarik berkiprah menjadi petani.

Hal tersebut seperti diceritakan seorang petani muda asal Kota Banjar, Mahardika Gita Sandika. Ia merupakan sosok pemuda yang memilih berprofesi menjadi petani cabe di Kota Banjar.

Mahardika menilai, profesi petani sekarang benar-benar tidak dilirik. Sebagian besar para pemuda lebih memilih mencari pekerjaan yang instan dan mampu menjamin kehidupannya.

“Sekarang kebanyakan pemuda beramai-ramai keluar dari desa menuju kota demi mendapatkan kehidupan lebih baik. Padahal, di Desa sendiri masih banyak lahan yang bisa digarap dan dikerjakan untuk bertani," kata Mahardika, Sabtu (28/10/2023).

Ia menyebut, kemungkinan hal tersebut terjadi karena pikiran mereka bahwa petani itu identik tidak sejahtera. Terlebih para pemuda yang ada di Banjar itu melihat dengan mata dan kepalanya sendiri, bagimana nasib dan kehidupan petani atau orang tua mereka yang menjadi petani.

“Mereka belum melihat masa depan yang pasti dari sektor pertanian. Berbeda dengan melihat kondisi perkotaan, daerah yang menjanjikan dan itu yang membuat mereka optimis mampu penuhi harapannya," ucapnya.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut