get app
inews
Aa Read Next : Warga Kota Banjar Gembira Terima Bantuan Sembako dari Polisi

Sumur Siluman di Kota Banjar Tak Pernah Kering Meski Kemarau Panjang

Jum'at, 20 Oktober 2023 | 12:38 WIB
header img
Sumur Siluman di Kota Banjar Tak Pernah Kering Meski Kemarau Panjang. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Budiana Martin

Sumur Siluman sendiri sudah ada sejak 1940. Saat itu, Kelurahan Purwaharja namanya masih Desa Siluman dan masih masuk Kecamatan Cisaga, Kabupaten Ciamis.

Sumur Siluman sendiri memiliki diameter lebih kurang 3 meter dengan kedamalam 15 meter. Bangunan ini cukup unik di mana airnya tidak pernah kering dan masih dimanfaatkan hingga sekarang oleh warga.

"Mau musim kemarau panjang pun sumur ini tidak pernah kering dan masih selalu dimanfaatkan oleh warga hingga sekarang,"kata Hendi, Jumat (20/10/2023).

Menurutnya, pada musim kemarau ini pengambilan air dari Sumur Siluman sudah lebih ribuan liter per-harinya karena sering juga digunakan BPBD Kota Banjar untuk mendistribusikan air bersih ke wilayah kekeringan dan kesulitan air jika musim kemarau.

Air yang diambil dari Sumur Siluman juga sering dimanfaatkan oleh pihak TNI untuk memenuhi kebutuhan di asrama 323/Buaya Putih.

"Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjar juga kalau mau menyiram tanaman di taman atau di pinggir jalan suka ngambil airnya tuh di sini. Tapi air di Sumur Siluman ini tidak pernah kering, alhamdulillah ini mungkin karunia Allah SWT untuk masyarakat di Banjar," pungkasnya. 

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut