get app
inews
Aa Read Next : Pemkot Tasikmalaya Siapkan Domba Catwalk di 2024, Terinspirasi dari Acara di Luar Negeri

Cegah Hipertensi, Mahasiswa Unsil Prodi Kesmas Kelompok Radmila Launching Program Kesehatan Rusanada

Selasa, 06 Juni 2023 | 13:55 WIB
header img
Cegah Hipertensi, Mahasiswa Unsil Prodi Kesmas Kelompok Radmila Launching Program Kesehatan Rusanada. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Kristian

"Sehingga mereka kekurangan atau menemukan makanan bergizi, kaya buah. Sekitar 50 persen itu tidak menyukai sayuran, jadi bisa menyebabkan hipertensi dan mungkin kedua itu pola pikiran warga," jelasnya. 

Sementara itu, Kepala Puskesmas Sangakali, Isep Deni Herdian, mengaku bahagia karena dengan adanya program kesehatan Rusanada dari para mahasiswa kesmas ini dapat membantu menangani penyakit hipertensi di wilayahnya.

"Saya tentu sangat bahagia dengan adanya program ini. Ini merupakan inovasi yang mereka usulkan kepada kami untuk menangani penyakit hipertensi," kata dia. 

Isep menyebut, banyak faktor yang menyebabkan manusia terkena penyakit hipertensi, salah satunya tidak menjaga pola makanan, pola hidup yang tidak sehat.

Selain itu, penyakit hipertensi itu tidak hanya menyerang kepada masyarakat yang lanjut usia (lansia), tapi bisa juga menyerang para kaum milineal yang terkadang pola tidurnya tidak teratur.

"Tentunya banyak cara untuk mencegah hipertensi, yaitu dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, memilih makanan yang bergizi. Kita tahu paradigmanya itu selalu ke para lansia, tapi ke usia remaja juga sering terjadi jika mereka tidak menjaga kesehatannya," ucapnya. 

"Harapannya kami Puskesmas Sangkali terhadap program Rusanada ini adalah program ini akan berkelanjutan dilaksanakan secara mandiri oleh masyarakat. Bagaimana masyarakat sadar dan berkeinginan untuk memeriksakan diri secara mandiri datang ke puskesmas," harapnya. 

Kepala Kelurahan Tamanjaya, Dadang Hilman mengaku bahagai dengan adanya program tersebut. Menurutnya, masyarakat di wilayahnya tersebut yang terkena penyakit hipertensi terbilang sangat tinggi.

"Alhamdulilah, saya ucapkan terimakasih, kepada adik-adik dari Unsil yang telah membantu untuk menangani hipertensi di sini. Tentunya dengan adanya program ini, angka hipertensi di kami bisa terus berkurang. Selain itu, saya juga imbau untuk kesadaran masyarakat dalam mengecek kesehatannya ke puskesmas," kata dia. 

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut