get app
inews
Aa Read Next : 3 Napi Teroris di Lapas Banjar Ikrar Setia Kembali ke NKRI

Dua Napiter Binaan Lapas Kelas IIB Tasikmalaya Ucapkan Ikrar Sumpah Setia Kembali ke NKRI

Selasa, 14 Februari 2023 | 16:34 WIB
header img
Dua Napiter Binaan Lapas Kelas IIB Tasikmalaya Ucapkan Ikrar Sumpah Setia Kembali ke NKRI. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Kristian

"Khusus untuk napiter kami juga melakukan pembinaan khusus. Kebetulan dua orang napi ini merupakan pindahan yang sudah bisa dibaurkan ke warga binaan lain. Jadi sekarang mereka bisa melakukan program pembinaan seperti warga binaan lainnya," ucapnya. 

Davy menyebut, pembinaan terhadap napiter ini akan dilakukan pemantaun secara rutin oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Indonesi (BNPT) dan Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti Teror.

"Tentunya selama pembinaan di lapas ini dipantau terus oleh BNPT dan Densus 88," paparnya. 

Sementara itu, Pj Wali Kota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah mengapreasi apa yang dilakukan oleh petugas Lapas Kelas IIB Tasikmalaya, di mana dua napiter yang menjalani pembinaan telah berikrar sumpah setia kembali ke pangkuan NKRI. 

"Kita sudah saksikan dua orang napiter yang sudah ikrar kembali ke NKRI. Ini kami apresiasi. Semoga ini bisa jadi motivasi buat yang lainnya," kata Cheka. 

Ia meminta kepada semuanya untuk menerima kedua napiter tersebut dengan hati yang ihlas dan terbuka. "Tugas sekarang, kita harus menerima mereka dengan terbuka. Kalapas juga akan melakukan pembinaan," ucapnya. 

Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Tahanan, Kesehatan, Rehabilitasi, Pengelolaan Benda Sitaan, Barang Rampasan Negara dan Keamanan Kanwil Kemenkumham Jabar, Gunawan Sutrisnadi, mengatakan, saat ini jumlah warga binaan yang masuk dalam tindak pidana kasus terorisme di lapas yang ada di Jabar berjumlah 151 orang.

"Alhamdulillah, kami dapat melakukan pembinaan dengan baik. Terbukti dari 151 napi teroris di 32 lapas atau rutan, sebanyak 43 orang sudah menyatakan ikrar kembali ke NKRI," ujar Gunawan. 

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut