get app
inews
Aa Read Next : Karnaval PAUD se-Kota Tasikmalaya, Ivan: Pengembangan Anak Usia Dini Masuk dalam Prioritas SDGs

6 Anak di Kota Tasikmalaya Diduga Terkena Campak

Kamis, 26 Januari 2023 | 09:11 WIB
header img
6 Anak di Kota Tasikmalaya Diduga Terkena Campak. Foto: Ilustrasi/Reuters

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id – Sejumlah anak di Kota Tasikmalaya diduga terkena campak. Hal itu seperti diungkapkan Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tasikmalaya Asep Hendra Hendriana.

Menurutnya, anak-anak yang diduga terkena campak dirawat di beberapa rumah sakit di Kota Tasikmalaya. Pihaknya pun telah mengambil sampel dan dikirimkan ke laboratorium kesehatan daerah (labkesda) Provinsi Jawa Barat (Jabar).

“Ada 4 atau 6 anak yang diduga terkena campak. Semuanya memiliki gejala seperti campak. Kita sudah ambil sampelnya untuk diperiksa, mungkin hasilnya dalam dua minggu lagi,” kata Asep, Rabu (25/1/2023).

Ia menuturkan, di masing-masing rumah sakit sudah ada surveilans untuk melaporkan perkembangan kondisi atau kasus yang mungkin berpotensi terjadinya wabah atau kejadian luar biasa (KLB).

“Semuanya masih diduga ya, untuk kepastiannya harus menunggu hasil lab,” ujarnya.

Asep menyebut, kasus campak di Kota Tasikmalaya memang ada dari tahun lalu. Bahkan pihaknya mengirimkan 30 sampel terduga campak ke labkesda dan hasilnya satu yang positif.

Kendati demikian, pasien yang dinyatakan positif campak tersebut tidak sampai mengalami kedaruratan dan bisa sembuh.

“Yang positif sudah sembuh dan sudah vaksin lengkap. Sebenarnya yang kita takutkan itu adanya komplikasi dan itu bisa mengancam keselamatan jiwa terutama pada balita yang memang belum vaksi MR,” ungkapnya.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut