Pesona Keindahan dan Keasrian Sungai Merah di Kalimantan Tengah, Disakralkan Suku Dayak

Heru Rukanda
.
Minggu, 22 Januari 2023 | 15:12 WIB
Pesona Keindahan dan Keasrian Sungai Merah di Kalimantan Tengah, Disakralkan Suku Dayak. Foto: Instagram

JAKARTA, iNewsTasikmalaya.id - Sungai Merah di Kalimantan Tengah merupakan salah satu destinasi wisata yang masih terjaga keasriannya. Di Kalimantan memang banyak destinasi wisata yang dapat dikunjungi. Namun, Sungai Merah menjadi salah satu desnitasi alam yang unik dan menyita perhatian wisatawan.

Pada umumnya air sungai berwarna bening, coklat, hingga hijau, tapi sungai ini memiliki warna merah. Karena airnya yang merah tersebut, masyarakat di sana menyebutnya dengan Sungai Merah. Sungai ini berada di Kabupaten Barito, Kalimantan Tengah.

Berikut ini pesona keindahan Sungai Merah yang dirangkum iNewsTasikmalaya.id dari berbagai sumber, Minggu (22/1/2022):

1. Warna Merah Alami

Sungai Merah memiliki warna merah alami. Warna merah tersebut berasal dari kontaminasi akar-akar pepohonan di hutan Gunung Beriun.

Hutan tersebut menjadi hulu sungai dan sangat lebat yang menjadi salah satu ciri khas hutan hujan tropis di Kalimantan.

Warna merah dari Sungai Merah ini sudah ada sejak dulu. Sungai ini juga disebut sebagai Sungai Marak dalam bahasa Dayak. Suasana dan kawasan Sungai Merah masih sangat asri. Berbagai vegetasi hijau yang tumbuh subur mengelilingi kawasan Sungai Merah.

2. Aman diminum langsung

Air Sungai Merah aman diminum langsung. Air sungai yang terletak di sepanjang jalur pendakian Gunung Beriun ini memiliki rasa tawar.

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini