get app
inews
Aa Read Next : 8 Kali Berturut-turut Pemkot Tasikmalaya Terima Opini WTP dari BKP RI, Cheka: Jadikan Motivasi

100 Pelaku IKM Olahan Makanan di Kota Tasikmalaya Dapat Sertifikat Halal Gratis

Sabtu, 21 Januari 2023 | 10:01 WIB
header img
100 Pelaku IKM Olahan Makanan di Kota Tasikmalaya Dapat Sertifikat Halal Gratis. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Kristian

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Sebanyak 100 pelaku industri mikro dan menengah (IKM) makanan olahan binaan Dinas Koperasi Perindag UMKM Kota Tasikmalaya mendapatkan sertifikat halal gratis dari Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya.

Pembagian sertifikat halal gratis tersebut diserahkan langsung oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah di Aula Gedung Pusat Promosi dan Pemasaran (PPIK) di Jalan Letjen Mashudi, Kelurahan Kersanegara, Kecamatan Cibeureum, Jumat (20/1/2023).

Cheka Virgowansyah mengatakan, sertifikat halal menjadi penting untuk meningkatan kepercayaan terhadap produk-produk asli Kota Tasikmalaya. Kegiatan fasilitasi sertifikat halal ini merupakan bentuk dukungan Pemkot Tasikmalaya terhadap keberadaan IKM makanan dan minuman olahan, sekaligus memastikan bahwa produk yang beredar telah terjamin kehalalannya.

“Guna mendorong kepercayaan warga pada makanan Tasikmalaya, sehingga menumbuhkan nilai jual dan ekonomi bisa bangkit, kami menargetkan IKM olahan makanan dan minuman di Kota Tasikmalaya seluruhnya sudah bersertifikat halal,” kata Cheka.

Ia menuturkan, di Kota Tasikmalaya lebih kurang 1.066 IKM makanan olahan yang belum terfasilitasi sertifikat halal. Sehingga pihaknya terus melakukan upaya agar ribuan IKM tersebut bisa segera mendapatkannya.

“Jadi kita totalnya itu ada 1.066 IKM yang belum memiliki sertifikat halal. Jadi di 2024 itu wajib seluruh IKM harus bersertifikat halal, makanya kita suport sebanyak-banyaknya agar IKM di kita segera masuk sertifiasi halal,” tuturnya.

Cheka menegaskan, animo masyarakat terhadap makanan olahan khas Kota Tasikmalaya dinilai bagus. Bahkan, lanjut Cheka, kebanyakan orang tahu tentang Kota Tasikmalaya itu dengan adanya IKM itu sendiri. Menurutnya, IKM dan pemerintah harus bersinergi dan saling mendukung.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut