get app
inews
Aa Read Next : Karnaval PAUD se-Kota Tasikmalaya, Ivan: Pengembangan Anak Usia Dini Masuk dalam Prioritas SDGs

Payung Geulis Tasikmalaya Jadi Wakil Indonesia di Borsang Umbrella Festival Thailand 2023

Senin, 16 Januari 2023 | 21:57 WIB
header img
Payung Geulis Tasikmalaya Jadi Wakil Indonesia di Borsang Umbrella Festival Thailand 2023. Foto: Instagram payung_tasik

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Payung Geulis Tasikmalaya akan ditampilkan di Borsang Umbrella Festival Thailand 2023 yang akan digelar pada 20-24 Januari 2023 mendatang.

Payung Geulis merupakan salah satu kerajinan khas Tasikmalaya yang terbuat dari bambu dengan hiasan lukisan tangan yang indah.

Kecantikan dan keindahan payung geulis Kota Tasikmalaya ini dilirik oleh sebuah perusahaan yakni PT Sateja Eco Industri yang kemudian berinisiatif untuk mengikutsertakan diajang festival payung tingkat dunia di Thailand.

“Ini tentunya harus diapresiasi karena mereka inisiatif sendiri ingin memasarkan dan mengenalkan ikon Kota Tasikmalaya di tingkat Internasional," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tasikmalaya Ivan Dicksan, di Bale Kota Tasikmalaya, Sabtu (16/1/2023).

Menurutnya, payung geulis Kota Tasikmalaya ditunjuk langsung oleh penyelenggara untuk mewakili Indonesia di ajang internasional yang diikuti oleh berbagai negara di dunia.

“Yang ditonjolkan nanti adalah ciri khas kearifan lokal dan keunggulan budaya Kota Tasikmalaya," ucapnya.

Ia menuturkan, karakteristik payung geulis yang mengedepankan desain dengan bahan dari bambu sangat cocok dengan katagori Borsang Umbrella Festival Thailand nanti.

“Payung Geulis ini dikenalkan bukan hanya di tingkat nasional dan internasional, tentunya dikenalkan juga di tingkat lokal. Warga Kota Tasikmalaya juga harus mengenal dan mencintai produk-produk lokal kita," tutur Ivan.

Seiring dengan perkembangan zaman, payung geulis bukan hanya digunakan sebagai alat untuk melindungi saat hujan maupun panas terik matahari. Namun, menjadi hiasan di kantor-kantor dinas pemerintah maupun instansi lainnya.

Bahkan, payung geulis pun menjadi aksesoris dekorasi untuk mempercantik suatu tempat seperti halnya di kawasan semi pedestrian Jalan Cihideung Kota Tasikmalaya yang dihiasi dengan ratusan payung geulis.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut