get app
inews
Aa Read Next : TKW asal Kota Banjar Ditemukan Tewas di Malaysia, Keluarga: Meninggalnya Tak Wajar

Cerita Kampung TKI di Sukabumi Jadi Kawasan Homestay di Geopark Ciletuh

Senin, 02 Januari 2023 | 15:19 WIB
header img
Cerita Kampung TKI di Sukabumi Jadi Kawasan Homestay di Geopark Ciletuh. Foto: Instagram

SUKABUMI, iNewsTasikmalaya.id – Kampung TKI di Sukabumi jadi kawasan homestay di Geopark Ciletuh dapat Anda simak dalam artikel ini.

Kawasan Geopark Ciletuh di Sukabumi, Jawa Barat (Jabar) memiliki sejumlah spot wisata alam yang indah. Selain itu, kawasan Geopark Ciletuh juga menyimpan cerita menarik tentang perubahan kehidupan masyarakatnya.

Seperti halnya di Kampung Cimarinjung, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, yang termasuk salah satu dari delapan kecamatan di bentang alam Geopark Ciletuh.

Sebagian besar masyarakat di sana dulunya bekerja sebagai tenaga kerja Indonesia (TKI) atau buruh migran di luar negeri. Namun, sebagian lainnya ada yang menjadi nelayan dan petani.

Perubahan kehidupan masyarakat di sana mulai berubah sejak daerah mereka ditetapkan sebagai kawasan Geopark Ciletuh pada 2018. Banyak masyarakat yang bekerja di luar negeri atau buruh migran pulang kampung dan beralih membuka homestay di rumahnya.

Warga menyewakan rumah dan kamar-kamarnya kepada para wisatawan dengan pengelolaan autodidak. Semua homestay yang berada di kampung pesisir Pantai Wisata Palangpang dikelola secara mandiri oleh warga.

Melihat potensi ekonomi di kawasan Geopark Ciletuh dengan banyak berdirinya homestay, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi kemudian mendirikan Badan Pengelola Ciletuh Pelabuhan Ratu UNESCO Global Geopark (BP CPUGGp).

Dengan adanya badan inilah, masyarakat di sana mendapatkan pelatihan dan pendampingan serta pemberdayaan termasuk dalam pengelolaan homestay dan hospitality.

Tak hanya itu, BP CPUGGp juga memberikan merek atau brand, perlengkapan, aksesoris kamar termasuk gambar-gambar infografis tentang Geopark Ciletuh untuk dipajang di bagian dalam dan luar homestay.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut