get app
inews
Aa Read Next : Daftar 5 Kota di Indonesia yang Terancam Tenggelam, Nomor 4 pada 2030 Diprediksi Tenggelam

Awas Gigi Keropos, Hindari 6 Kebiasaan Ini

Senin, 19 September 2022 | 11:26 WIB
header img
Ketahui penyebab gigi keropos. Foto: Ilustrasi

JAKARTA, iNewsTasikmalaya.id – Ayo lakukan langkah pencegahan agar gigi Anda tidak keropos. Anda perlu mengetahui apa saja yang dapat menyebabkan gigi keropos.

Segera tangani, Jangan menyepelekan kondisi gigi yang keropos karena dapat menyebabkan kerusakan gigi parah, bahkan bisa membuat gigi rapuh mudah tanggal atau copot sebelum waktunya.

Kondisi gigi keropos pada umumnya mirip dengan kondisi gigi berlubang (karies). Yang membedakan kalau karies gigi terjadi pada lapisan terluar gigi atau enamel.

Sementara gigi yang keropos terjadi di lapisan tengah gigi atau dentin. Meskipun kondisi kerusakan keduanya hampir sama, penyebab gigi keropos harus lebih diperhatikan lagi. 

Apa saja penyebab gigi keropos? Berikut informasinya seperti dirangkum pada Minggu (18/9/2022).

1. Makanan dan minuman asam

Penyebab gigi keropos pertama adalah makanan dan minuman asam. Mengkonsumsi makanan dan minuman yang sangat asam secara teratur dapat mempercepat erosi email, yang menyebabkan gigi keropos. Beberapa makanan dan minuman asam itu di antaranya buah sitrat, kopi, soda, dan permen.

Kondisi ini diperparah bila Anda termasuk malas menyikat gigi. Apabila Anda ingin mengonsumsi buah yang asam atau minum air yang sudah diberi perasan air lemon. Jangan lupa juga untuk membilas mulut dengan minum air putih setelahnya.

2. Sering muntah

Penyebab gigi keropos kedua adalah sering muntah. Ini termasuk kondisi kronis, seperti bulimia dan alkoholisme, serta kondisi akut seperti morning sickness terkait kehamilan. Sering muntah dapat membuat asam lambung naik. Asam lambung yang naik ke mulut ini sangat mungkin mengikis lapisan terluar maupun lapisan terdalam gigi.

Selain dapat menyebabkan gigi keropos karena sifat asamnya yang korosif, kondisi ini juga sangat memungkinkan gigi mengalami kerusakan lain, mulai dari gigi menjadi lebih sensitif hingga gigi yang berlubang.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut