get app
inews
Aa Read Next : Respon Positif Tingginya Minat Masuk Anggota, PWI Jabar Gelar OKK Perdana Tahun 2024

Ini Kata Iwan Bule Tentang Solusi HIV AIDS di Jabar

Kamis, 01 September 2022 | 07:51 WIB
header img
Ini Kata Iwan Bule Tentang Solusi HIV AIDS di Jabar. (Foto: Instagram)

TASIKMALAYA, iNews.id– Mantan Pjs Jawa Barat Mochamad Iriawan alias Iwan Bule menyatakan solusi untuk menekan penyebaran HIV/AIDS bukan hanya dengan nikah dan poligami.

Dirinya mempertanyakan bagaimana para pecandu narkoba yang rentan HIV/AIDS lewat jarum suntik apakah bisa ditekan dengan cara poligami.

"Penularan virus HIV yang masif di wilayah Jawa Barat tidak serta merta diakibatkan dari seks bebas semata. Penularan melalui jarum suntik penggunaan narkoba diduga menjadi penyebab utama merebaknya virus tersebut. Pecandu narkoba jadi mesti nambah istri?" jelas Iwan, Kamis (1/9/2022).

Iwan menambahkan, seharusnya pencegahan HIV/AIDS ini bisa dicegah dari paling bawah yaitu lingkungan keluarga.

Sebenarnya, saat dirinya menjabat Pjs Gubernur Jabar 2018 diketahui ada program Pemerintah Jawa Barat dalam Perda Nomor 9 Tahun 2013 tentang Ketahanan Keluarga.

"Di sini perlu digarisbawahi bahwa keluarga tak hanya harus mendidik anak dalam masalah yang berkaitan dengan ilmu yang dipelajari di sekolah saja. Namun juga terkait hal lain yang tak kalah penting, semisal pendidikan berkarakter dan ilmu agama," tambah Iwan.

Menurutnya, jika anak telah paham tentang ilmu adab dan ilmu agama, maka untuk mendekati hal yang membahayakan dirinya, seperti seks bebas atau narkoba yang jadi cikal bakal HIV/AIDS bisa dicegah atas dasar nilai-nilai iman dan adab yang diajarkan.

"Perlindungan anak secara intensif pun lanjut Iwan harus dilakukan sejak dini. Kasus HIV/AIDS juga bisa terjadi akibat hubungan sesama jenis dari para anak yang  sebelumnya pernah menjadi korban asusila," ujar dia.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut