get app
inews
Aa Read Next : Gudang Makanan Ringan di Ciamis Ludes Terbakar, Api Diduga Berasal Dari Korsleting Listrik

Kebakaran Rumah di Perum Cisalak Tasikmalaya Membuat Warga Panik

Senin, 11 Oktober 2021 | 07:22 WIB
header img
KebakaranrRumah di Perum Cisalak Kota Tasikmalaya membuat warga panik. (Foto: iNewsTasikmalaya.id/Asep Juhariyono)

TASIKMALAYA, iNews.id - Sebuah rumah yang berada di Komplek Perumahan Cisalak, Gang Anggrek 3, Kelurahan Sukamanah, Kecamatan Cipedes, Kota Tasikmalaya, ludes akibat kebakaran, Minggu (10/10/2021) petang.

Kepanikan warga sempat terjadi, karena pemilik rumah sedang tidak ada dirumah, sehingga  warga akhirnya terpaksa menjebol pintu rumah, dan berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya. 

Musibah kebakaran rumah milik Dedi (60), terjadi saat Dedi dan istrinya sedang keluar rumah, untuk membeli obat di apotek.

Beruntung tidak ada korban jiwa atau luka, dalam kejadian ini, namun kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah, karena tidak ada satu barangpun yang bisa diselamatkan oleh pemiliknya.

Menurut salah seorang warga yang tinggal didepan rumah yang terbakar, I Gede Rizki (39), 
awalnya anaknya mendengar suara, dan kemudian melihat ada asap dari atas rumah, kemudian dirinya keluar rumah dan mengedor rumah yang terbakar, namun ternyata tidak ada orang. 

“Saat saya gedor rumahnya ternyata pemiliknya tidak ada didalam, tidak tau kemana,” kata Rizki.

Setelah diketahui didalam rumahnya kosong, warga kemudian mencari pak RT, yang langsung laporan ke petugas pemadam kebakaran. 

Warga kemudian kemudian mendobrak pintu rumah yang terbakar, dan saat sudah terbuka dibagian dalam sudah terbakar dan berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya, hingga akhirnya petugas Pemadam Kebakaran datang. 

Kobaran api yang semakin membesar yang disertai kepulan asap yang membumbung tinggi diatas rumah, membuat warga lainya panik, karena rumah yang terbakar berdempetan, sehingga dikawatirkan merembet ke rumah warga lainnya.

“Warga semua panik termasuk anaknya juga ikut panik dan keluarganya terpaksa diungsikan ke rumah tetangga, karena takut api menjalar ke bangunan yang lain,” ujar Rizki. 

sejumlah petugas pemadam kebakaran kota tasikmalaya yang datang ke lokasi kejadian langsung melakukan penyemrotan ke lokasi kebakaran hingga api berhasil dipadamkan.

Sejumlah petugas Polres Tasikmalaya Kota bersama Pospol Cipedes, yang datang ke lokasi kejadian langsung melakukan olah tkp dan meminta keterangan sejumlah saksi, termasuk keluarga korban. 

Menurut Kapospol Cipedes Aiptu Pupu, berdasarkan keterangan pemilik rumah dan warga diduga kebakaran akibat korsleting listrik dari bagian atap rumah bagian belakang. 

“Saat kejadian korban sedang membeli obat ke Apotek di kota,” terang Kapospol Cipedes Aiptu Pupu.

Pupu menambahkan, karena saat itu pintu dikunci akhirnya warga mendobrak rumah korban dan sempat terjadi ledakan diduga dar gas yang terbakar didalam rumah korban.  

“Tidak ada satupun barang milik keluarga korban yang bisa diselamatkan, karena korban tidak ada dirumah dan pintu dikunci,” tambah Pupu.

Beruntug kejadian kebakaran ini tidak mengakibatkan korban luka ataupun korban jiwa, dan hingga saat ini belum diketahui pasti berapa kerugian yang dialami oleh korban, namun  diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Kasus kebakaran hingga saat ini masih dalam penyelidikan Polres Tasikmalaya Kota dan Polsek Indihiang.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut