get app
inews
Aa Read Next : Inovasi Pelayanan Pembuatan Akta Kelahiran di Ciamis, Warga Kini Bisa Urus di Kantor Kecamatan

Pemkab Ciamis dan Bea Cukai Tasikmalaya Gencarkan Sosialisasi Bahaya Rokok Ilegal

Kamis, 26 September 2024 | 18:33 WIB
header img
Pemkab Ciamis dan Bea Cukai Tasikmalaya Gencarkan Sosialisasi Bahaya Rokok Ilegal. Foto: Febrian Valen

Kepala Satpol PP Ciamis, Uga Yugaswara, menegaskan bahwa sosialisasi ini merupakan salah satu langkah strategis pemerintah dalam upaya memerangi peredaran rokok ilegal di masyarakat.

“Kami ingin masyarakat memahami bahaya rokok ilegal dan pentingnya peran cukai dalam menjaga kesehatan dan ketertiban ekonomi,” ungkapnya.

Sosialisasi ini akan dilanjutkan di tiga wilayah eks-kawedanan dan diikuti oleh operasi pasar di beberapa kecamatan. Pemerintah juga memanfaatkan media digital, seperti webinar dan YouTube, untuk menyebarkan informasi lebih luas kepada masyarakat.

Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan Bea Cukai Tasikmalaya, Budi Irawan, menekankan pentingnya sinergi antarinstansi dalam menekan peredaran rokok ilegal. 

“Kami bekerja sama dengan Satpol PP dan pemerintah daerah untuk memperketat pengawasan dan penegakan hukum terkait peredaran rokok ilegal,” jelas Budi. 

Menurut Budi, hingga Agustus 2024, peredaran rokok ilegal di wilayah Priangan Timur masih relatif stabil. "Wilayah ini lebih banyak menjadi tempat pemasaran rokok ilegal dibandingkan dengan produksi besar-besaran," ujarnya.

Bea Cukai memproyeksikan bahwa jumlah rokok ilegal yang akan ditindak hingga akhir tahun dapat mencapai 3 hingga 4 juta batang. Barang-barang tersebut dijadwalkan untuk dimusnahkan pada 12 November mendatang.

Budi juga mengingatkan bahwa rokok ilegal tidak hanya merugikan negara dari segi pendapatan, tetapi juga membahayakan kesehatan masyarakat. 

“Rokok ilegal sering diproduksi di tempat yang tidak higienis dengan bahan baku yang tidak terjamin, sehingga berisiko tinggi mengandung zat-zat berbahaya,” ungkapnya.

Produk ini dapat mengandung kadar tar dan nikotin yang tidak sesuai standar serta menggunakan tembakau yang mungkin tercemar hama atau jamur. 

"Melalui upaya bersama ini, Bea Cukai berharap dapat menekan peredaran rokok ilegal, melindungi kesehatan masyarakat, dan meningkatkan pendapatan negara," pungkasnya.

 

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut