get app
inews
Aa Read Next : Komplotan Curanmor Diringkus Polres Ciamis

Sapi Berbobot Setengah Ton Masuk Jurang di Bojong Ciamis, Tim Vertical Rescue BPBD Lakukan Evakuasi

Kamis, 20 Juni 2024 | 19:59 WIB
header img
Sapi Berbobot Setengah Ton Masuk Jurang di Bojong Ciamis, Tim Vertical Rescue BPBD Lakukan Evakuasi. Foto: Istimewa

CIAMIS, iNewsTasikmalayaid.id – Seekor sapi jantan berbobot setengah ton terperosok ke jurang sedalam 20 meter di Komplek Pesantren Al Fattah, Dusun Cimengger, Desa Bojongmengger, Cijeungjing, Ciamis, Kamis (20/6/2024) pukul 13.30 WIB.

Warga dan santri mengalami kesulitan mengevakuasi sapi tersebut secara manual karena medan jurang yang curam, sehingga membutuhkan peralatan khusus dan tenaga ahli untuk evakuasi.

Kejadian ini kemudian dilaporkan ke BPBD Ciamis. BPBD mengerahkan delapan petugas Tim Reaksi Cepat Pusdalops ke lokasi untuk melakukan animal rescue.

"Pada pukul 16.00 WIB, sapi berhasil dievakuasi dari jurang dalam keadaan hidup. Meskipun kondisinya lemas, sekarang sapi sudah berada di kandang untuk pemulihan dan mulai bisa berdiri," kata Apeh, seorang warga, kepada iNewsCiamisRaya.id, Kamis (20/6/2024).

Apeh menyebutkan sekitar 50 orang terlibat dalam evakuasi sapi ini, termasuk tim rescue dari BPBD Ciamis, warga, santri, babinsa, petugas kepolisian, relawan RAPI, aparat desa, dan pihak lainnya.

Menurut Erik Risnandar, rescuer senior dari BPBD Ciamis, proses evakuasi dilakukan dengan menggunakan peralatan vertical rescue, menggunakan dua lintasan peralatan tersebut. 

"Proses evakuasi berlangsung sekitar setengah jam. Sapi berhasil diangkat dari jurang dengan selamat," ujar Erik.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
gaada
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut