get app
inews
Aa Read Next : Polisi Amankan Seorang Pemuda asal Aceh di Tasikmalaya Terkait Kasus Penyalagunaan Sediaan Farmasi

Mahasiswa Unsil Tasikmalaya Prodi Kesmas Kelompok Adhigana Mayura Ciptakan Inovasi Atasi Diabetes

Selasa, 04 Juni 2024 | 15:11 WIB
header img
Mahasiswa Unsil Tasikmalaya Prodi Kesmas Kelompok Adhigana Mayura Ciptakan Inovasi untuk Atasi Diabetes Mellitus. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Kristian

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Mahasiswa Universitas Negeri Siliwangi (Unsil) Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) Jurusan Kesehatan Masyarakat menciptakan inovasi untuk mengatasi masalah diabetes mellitus (DM).

Pada Selasa (4/6/2024) pagi, mahasiswa Unsil Tasikmalaya dari kelompok Adhigana Mayura meluncurkan program Gerakan Masyarakat Atasi Diabetes Melitus (Germatis) di Aula Kelurahan Cikalang, Kecamatan Tawang, Kota Tasikmalaya.

Acara peluncuran program Germatis ditandai dengan pemotongan pita oleh Sekretaris Kelurahan Cikalang, Kasi Kesra Kecamatan Tawang, dan Kepala Puskesmas Kahuripan.

Selain itu, dilakukan juga penandatanganan surat keputusan untuk pelaksanaan program Germatis. Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Dosen Pengampu Mata Kuliah Perencanaan dan Evaluasi Kesehatan Unsil, Rian Arie Gustaman, kader puskesmas, masyarakat, dan ketua RW/RT setempat.

"Di dalam kelompok kami ini, setelah melakukan kuesioner ternyata masyarakat mempunyai masalah serius terkait DM itu sendiri," ucap Ketua Kelompok Adhigana Mayura, Mediana Aulia.

DM didefinisikan sebagai penyakit atau gangguan metabolisme kronis dengan multi etiologi, ditandai dengan tingginya kadar gula darah disertai gangguan metabolisme karbohidrat, lipid, dan protein akibat insufisiensi fungsi insulin.

Insufisiensi ini dapat disebabkan oleh gangguan atau defisiensi produksi insulin oleh sel-sel beta Langerhans pankreas, atau kurang responsifnya sel-sel tubuh terhadap insulin.

"Karena pola hidup masyarakat yang kurang sehat, terus juga masyarakat suka mengonsumsi makanan manis. Akses terhadap makanan atau jajanan manis itu dekat dan mudah," ucap Mediana.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut