get app
inews
Aa Read Next : Kabupaten Ciamis Raih Penghargaan WTN 2024 untuk Sistem Transportasi Terbaik

Jelang Idul Adha, Kambing di Banjaranyar Ciamis Mati Mendadak Terkana Penyakit Flu dan Batuk

Selasa, 14 Mei 2024 | 09:38 WIB
header img
Jelang Idul Adha, Kambing di Banjaranyar Ciamis Mati Mendadak Terkana Penyakit Flu dan Batuk. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Andri M Dani

CIAMIS, iNewsTasikmalaya.id - Peternak di Dusun Bulaksitu, Desa Banjaranyar, Ciamis, mengalami kecemasan menjelang Idul Adha akibat munculnya penyakit mematikan yang menyerang kambing peliharaan mereka.

Sarno, seorang peternak di wilayah tersebut, kehilangan tiga dari 17 ekor kambing peliharaannya akibat penyakit ini. Kambing-kambing yang mati tersebut adalah jenis kambing lokal, atau yang dikenal dengan sebutan kambing randu.

Sebelum mati, kambing-kambing tersebut menunjukkan gejala batuk-batuk dan flu, disertai cairan yang keluar dari hidung seperti air liur. Mereka juga tidak bisa berdiri, seolah lumpuh.

“Padahal, ketiga kambing yang mati itu adalah stok untuk Idul Adha,” ujar Sarno, kepada iNewsCiamisRaya.id jejaring iNewsTasikmalaya.id, pada Selasa (14/5/2024).

Kejadian pertama terjadi pada Sabtu (11/5/2024) pukul 19.00 WIB. Ketika itu, satu ekor kambing mati. Dua ekor lainnya mati pada pukul 02.00 WIB, Minggu (12/5/2024), dengan gejala yang sama yakni batuk, flu, dan cairan berlebihan dari hidung.

“Sebelumnya, kami sudah mencoba memberikan obat kampung berupa parutan kunyit, tetapi tidak berhasil menyelamatkan nyawa mereka. Bangkai kambing sudah kami kuburkan,” kata Sarno.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut