get app
inews
Aa Read Next : Prakiraan Cuaca untuk Wilayah Ciamis dan Sekitarnya Hari Ini, Minggu 19 Mei 2024

Harga Kelapa dan Kemiri di Ciamis Naik Jelang Lebaran Idul Fitri 1445 H

Minggu, 31 Maret 2024 | 22:39 WIB
header img
Harga Kelapa dan Kemiri di Ciamis Naik Jelang Lebaran Idul Fitri 1445 H. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Andri M Dani

CIAMIS, iNewsTasikmalaya.id – Memasuki pekan ke-4 bulan puasa Ramadhan, harga kelapa dan muncang (kemiri) di Ciamis mengalami kenaikan. 

Harga kelapa yang awalnya sekitar Rp3.000 per butir pada awal bulan puasa, kini naik menjadi Rp 3.500 per butir. Sementara itu, harga muncang (kemiri) juga mengalami kenaikan dari Rp 30.000 per kg menjadi Rp 37.000 per kg.

“Harga kelapa butir sudah mulai naik. Diperkirakan akan terus naik menjelang hari lebaran Idul Fitri 1445 H,” ujar Safri, penampung kelapa sekaligus perajin bumbu basah dan kering di Lingkungan Pereng Kelurahan Benteng, Kabupaten Ciamis, pada Minggu (31/3/2024).

Menurut Safri, harga kelapa pada awal bulan puasa lalu berada di kisaran Rp 3.000 per butir. Namun, setelah pertengahan Ramadhan, harga tersebut naik menjadi Rp 3.500 per butir. 

"Kenaikan harga ini dipicu oleh meningkatnya permintaan terutama menjelang hari lebaran, terutama untuk kebutuhan seperti kelapa parut yang digunakan untuk masakan seperti opor, rendang, dan gulai," ujar Safri. 

Untuk memenuhi kebutuhan menjelang lebaran, Safri telah mempersiapkan stok sebanyak 15.000 butir kelapa dari berbagai kecamatan di Ciamis dan Pangandaran.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut