get app
inews
Aa Read Next : Mayat Perempuan Warga Ciamis yang Ditemukan di Citanduy Tasikmalaya Dibawa ke RS Sartika Asih

Terkejut Ada Orang Tukar Upal dalam Jumlah Banyak ke Kantornya, BI Tasikmalaya Segera Lapor Polisi

Kamis, 01 Februari 2024 | 15:39 WIB
header img
Terkejut Ada Orang Tukar Upal dalam Jumlah Banyak ke Kantornya, Kepala BI Tasikmalaya Segera Lapor Polisi. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Heru Rukanda

Begitu pula saat diperiksa dengan metoda lebih canggih, dipastikan uang itu tidak asli alias upal. Pihak BI pun segera berkomunikasi dengan Polres Tasikmalaya Kota.

"Kami segera berkoordinasi dengan Pak Kapolres, dan tak lama jajaran Satreskrim tiba di lokasi. Setelah melakukan pemeriksaan, ketiga orang itu akhirnya diamankan," jelas Aswin.

Kapolres Tasikmalaya Kota, AKBP Joko Sulistiono, mengungkapkan, ketiga tersangka kini masih dalam pemeriksaan intensif jajaran Satreskrim.

"Ketiganya sudah diamankan dan kasusnya masih didalami, termasuk modus mereka menukar upal ke BI," jelas Joko.

Dari hasil pengungkapan tersebut, berhasil disita sebanyak 1.144 lembar upal pecahan Rp 100.000, termasuk mobil Toyota Kijang Innova yang dijadikan kendaraan operasional para tersangka.

Ketiga tersangka masing-masing TW (54) warga Sukabumi, YA (33) warga Kendal, dan SS (46) warga Aceh. YA dan SS berjenis kelamin perempuan.

Mereka masih menjalani pemeriksaan intensif, termasuk kemungkinan ada faktor lain yang mendorong mereka menukar upal ke BI.

Ketiganya bakal dijerat pasal 36 UU nomor 7 tahun 2011 tentang mata uang, pasal 244 dan 245 serta pasal 55 KUHPidana dengan ancaman hukuman penjara maksimal 15 tahun.

 

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut