get app
inews
Aa Read Next : Mayat Perempuan Warga Ciamis yang Ditemukan di Citanduy Tasikmalaya Dibawa ke RS Sartika Asih

Polisi Dalami Kenekatan 3 Tersangka Tukar Upal ke BI Tasikmalaya, Modus, Lugu atau Ada Faktor Lain

Kamis, 01 Februari 2024 | 13:07 WIB
header img
Polisi Dalami Kenekatan 3 Tersangka Tukar Upal ke BI Tasikmalaya, Apakah Modus, Lugu atau Ada Faktor Lain. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Heru Rukanda

Jajaran Satreskrim masih terus mengembangkan kasus upal dengan modus sangat langka ini. "Masih terus kami dalami dan kembangkan kasusnya," kata Kasatreskrim Polres Tasikmalaya Kota, AKP Fetrizal.

Namun dugaan sementara, ketiga tersangka yang terdiri dari dua perempuan serta seorang pria ini, tak mengerti soal peredaran uang termasuk peran BI. Sehingga dengan polosnya ketiganya menukar upal ke BI.

"Upal yang akan ditukar ke BI Tasikmalaya itu kondisinya juga sudah banyak yang rusak karena menurut mereka sebelumnya disimpan di tempat lembab," ujar Fetrizal.

Mereka kemudian mendatangi Kantor Perwakilan BI Tasikmalaya untuk menukarkan upal yang rusak tersebut, dengan harapan bisa ditukar dengan yang baru sekaligus asli.

"Menukar upal yang rusak bisa juga menjadi modus para tersangka agar bisa ditukar dengan yang asli. Sebab salah satu layanan BI adalah tempat penukaran uang rusak dengan syarat tertentu," kata Kasatreskrim.

Ketiga tersangka, TW (54) warga Sukabumi, YA (33) warga Kendal, dan SS (46) warga Aceh, kini masih menjalani pemeriksaan intensif, termasuk kemungkinan ada faktor lain yang mendorong mereka menukar upal ke BI.

Ketiganya dijerat pasal 36 UU nomor 7 tahun 2011 tentang mata uang, pasal 244 dan 245 serta pasal 55 KUHPidana dengan ancaman hukuman penjara maksimal 15 tahun.

 

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut