get app
inews
Aa Read Next : SMAN 1 Kota Banjar Gelar LKBB Jeluka Competition untuk Tingkatkan Disiplin dan Kreativitas Siswa

Distan Kota Banjar Bakal Salurkan 85 Ribu Benih Ikan Gurame Soang dan Nila Nirwana

Jum'at, 19 Januari 2024 | 10:00 WIB
header img
Distan Kota Banjar Bakal Salurkan 85 Ribu Benih Ikan Gurame Soang dan Nila Nirwana. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Budiana Martin

Ia menyatakan bahwa kedua jenis benih ikan yang tersedia di BBI Kota Banjar merupakan anakan pertama atau grandparent stok (GPS) dari induk super.

"Benih unggul ini tentu sangat bermanfaat bagi Pokdakan di Kota Banjar karena pertumbuhannya sangat baik dan cepat," tambah Sri.

Terkait dengan cara memperoleh benih ikan unggul dari BBI Kota Banjar, Sri menjelaskan bahwa masyarakat harus memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Syarat pertama, benih ikan akan diberikan hanya kepada masyarakat Kota Banjar yang telah membentuk kelompok budidaya ikan atau kelompok wanita tani (KWT) yang juga berhak mengajukan.

Pokdakan dan KWT yang berkeinginan mendapatkan bantuan benih ikan harus mengajukan permohonan terlebih dahulu ke Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan Kota Banjar, Jawa Barat.

"Proposal harus disertai dengan tanda tangan dari desa, penyuluh setiap kecamatan, dan terakhir diserahkan ke dinas. Selanjutnya, dinas akan melakukan verifikasi lapangan," katanya.

"Kemudian kami akan datang untuk memastikan bahwa pemohon atau Pokdakan memang memiliki tempat untuk budidaya ikan, baik itu bioflok, kolam tanah, atau kolam dari terpal," tambahnya.

Setelah semua persyaratan terpenuhi, kelompok tersebut baru akan menerima bantuan benih ikan dari BBI Kota Banjar.

Setelah diberikan kepada Pokdakan atau KWT, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan Kota Banjar akan melakukan pengawasan dan pembinaan selama enam bulan pertama. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa bantuan benih ikan dimanfaatkan dengan baik dan tidak dijual.

"Kami berharap bantuan benih ikan yang diberikan dapat berlangsung jika ikan tersebut sudah mencapai ukuran yang cukup besar karena kami hanya memberikan bantuan ini dua tahun sekali. Jadi, jika kelompok mendapatkannya tahun ini, mereka tidak dapat mengajukan lagi tahun depan," pungkasnya.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut