get app
inews
Aa Read Next : Jalur Cikatomas-Cilopadang Ciamis Terancam Putus, Tebing di Pinggir Jalan Longsor

Tanah Longsor Tutup Jalan Penghubung 2 Desa di Cigalontang Tasikmalaya, Aktivitas Warga Terganggu

Minggu, 07 Januari 2024 | 10:14 WIB
header img
Tanah Longsor Tutup Akses Jalan Penghubung 2 Desa di Cigalontang Tasikmalaya, Aktivitas Perekonomian Terganggu. Foto: Istimewa

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Tanah longsor terjadi di Tasikmalaya, tepatnya di Dusun Kukulan, Desa Pusparaja, Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya, Sabtu (6/1/2024) sekira pukul 19.40 WIB. 

Dampak dari longsor, akses jalan penghubung dua desa yakni Desa Pusparaja dan Desa Nangtang tertutup total. Jalan desa tidak bisa dilintasi kendaraan, baik roda 4 maupun roda 2. 

Selain itu, saluran air dan sebagian tembok pembatas jalan pun tertutup longsor dengan panjang 12 meter dan tinggi 17 meter. 

"Kejadian longsor diawali oleh hujan sejak pukul 13.00 WIB dan longsor terjadi sekitar pukul 19.40 WIB. Ketinggian tebing 17 meter, permukaan kurang lebih 40 meter, ketebalan kurang lebih 4 meter," ujar Camat Cigalontang Dedi Hermawan, Minggu (7/1/2024).

Dampak yang paling nyata dari tanah longsor ini adalah terganggunya aktivitas perekonomian warga. Dengan akses jalan yang tidak bisa dilintasi, distribusi barang dan akses ke pusat kegiatan ekonomi menjadi sangat terhambat. 

Warga yang mengandalkan perdagangan dan perjalanan harian untuk mencari nafkah menghadapi kendala serius dalam menjalankan aktivitas mereka.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut