get app
inews
Aa Read Next : Mahasiswa Unsil Tasikmalaya Meninggal Saat Diklatsar KSR PMI Unit Unsil di Gunung Cakrabuana

Basarnas Selamatkan KM Alviano yang Mengalami Musibah di Perairan Nusakambangan, Seluruh ABK Selamat

Rabu, 06 September 2023 | 11:57 WIB
header img
Basarnas selamatkan KM Alviano yang mengalami musibah di perairan Nusakambangan, seluruh ABK selamat. Foto: Istimewa

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Sebuah kapal motor mengalami musibah mati mesin di perairan Nusakambangan, Cilacap, Jateng, Selasa (05/09/23).

Kapal motor yang teridentifikasi bernama KM Alviano sempat terseret gelombang Samudera Indonesia dan terombang-ambing hingga perairan Pangandaran, Jabar.

Kepala Kantor SAR Bandung, Jumaril, mengungkapkan, musibah terjadi pagi hari dan pihaknya menerima informasi dari Basarnas Command Center (BCC).

"Begitu mendapat informasi kecelakaan KM Alviano, kami langsung memerintahkan Tim Rescue terdekat melakukan upaya pencarian dan penyelamatan," kata Jumaril.

Musibah mati mesin sendiri tergolong berbahaya karena selain kapal tak bisa dikendalikan, juga bisa berujung tenggelam jika menghadapi gelombang besar.

Kantor SAR Bandung juga memerintahkan Petugas Siaga Komunikasi (PSK) untuk secara intens melakukan koordinasi dan pemapelan dengan Lanal Bandung, Pos AL Pangandaran dan HNSI Kabupaten Pangandaran.

"Tim Rescue dari Unit Siaga SAR Pangandaran dan kapal milik SAR Barakuda juga telah standby manakala dibutuhkan untuk pelaksanaan operasi SAR," ujar Jumaril.

Sejak pukul 08.50, Kantor SAR Cilacap menggerakkan RIB 05 Cilacap bersama satu Tim Rescue menuju lokasi kejadian untuk melaksanakan pencarian dan evakuasi terhadap Anak Buah Kapal (ABK) KM Alviano.

"Setelah dilakukan upaya pencarian selama dua setengah jam, sekitar pukul 11.25 Tim berhasil menemukan KM Alviano, dalam kondisi terombang-ambing di perairan Pangandaran," kata Jumaril.

Sebanyak sembilan ABK yang bertugas di kapal nelayan itu dalam kondisi selamat tak kurang suatu apa.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut