get app
inews
Aa Read Next : Inilah Pejabat Eselon III Kota Tasikmalaya yang Lolos 3 Besar Calon Kadis PPKBP3A

Belasan Makam di TPU Gunung Dangdeur Kota Tasikmalaya Dirusak, 9 Makam Rusak Parah

Kamis, 20 Januari 2022 | 14:38 WIB
header img
Belasan Makam di TPU Gunung Dangdeur Kota Tasikmalaya Dirusak, 9 Makam Rusak Parah. (Foto: iNewsTasikmalaya.id/Heru Rukanda).

TASIKMALAYA, iNews.id - Belasan makam di tempat pemakaman umum( TPU) Gunung Dangdeur Kampung Sukajaya, RT 01,RW 13, Kelurahan Linggajaya, Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya,dirusak orang tidak dikenal, Kamis (20/1/2022).

Rusaknya belasan makam tersebut kali pertama diketahui oleh petugas kebersihan pemakaman Lili Carli (64) warga sekitar lokasi pemakaman. 

Lili menuturkan, semula dia sedang bersih-bersih areal pemakaman melihat ada makam yang rusak. Dia kemudian mengecek ke seluruh areal pemakaman yang dibenteng tembok dan menemukan ada sekitar 15 makam yang rusak. 

"Saya lagi bersih-bersih. Saya kaget ada makam yang rusak. Saya marah, siapa ini yang merusak makam?," ujar Lili di lokasi TPU Gunung Dangder.

Menurut Lili, ada 9 makam yang kondisinya rusak parah dan 6 makam lainnya rusak ringan. Tembok-tembok dan keramik makam rusak bahkan ada yanh nyaris rata dengan tanah.

"Kalau saya hitung ada 15 makam yang rusak, 9 makam rusak parah," kata dia. 

Ia menyebut, selain ditemukan belasan makam yang rusak, di areal pemakaman juga ditemukan beberapa buah nangka mentah yang dicincang serta dahan pohon nangka dan daunnya rusak. 

"Itu buah nangka juga dirusak. Ditutup sama daunnya," kata dia. 

Menurut Lili, areal pemakaman ini adalah pemakaman umum warga dan sebagian ada juga pemakaman keluarga. Ia menyebut selama dirinua bekerja bersih-bersih di areal pemakaman baru kali ini terjadi ada makam yang rusak. 

"Saya sudah 6 tahun bekerja bersih-bersih makam. Baru sekarang kejadian makam rusak," kata dia. 

Rusaknya belasan makam di TPU Gunung Dangdeur Kampung Sukajaya, Kelurahan Linggajaya, Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya ini sontak membuat warga sekitar kaget. Warga pun nampak ramai melihat kondisi makam yang rusak. Sejauh ini belum diketahui siapa dan sebab apa belasan makam ditemukan dalam kondisi rusak.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut