get app
inews
Aa Read Next : Viral Video Dukungan Anggota Satpol PP Garut untuk Gibran Rakabuming Raka

Edarkan Uang Palsu di Garut, Pria warga Kabupaten Bandung Barat Ditangkap Polisi usai Beli Rokok

Kamis, 10 Agustus 2023 | 16:40 WIB
header img
Edarkan Uang Palsu di Garut, Pria warga Kabupaten Bandung Barat Ditangkap Polisi usai Beli Rokok. Foto: Ilustrasi

GARUT, iNewsTasikmalaya.id - Seorang warga Kabupaten Bandung Barat (KBB) berusia 28 tahun dengan inisial RE ditangkap oleh aparat Polres Garut. Pelaku diamankan karena tertangkap tangan membeli rokok dengan uang palsu (upal) di wilayah Kecamatan Leles, Kabupaten Garut.

Kejadian ini bermula dari kecurigaan warga di Kampung Tutugan, Desa Tutugan, Kecamatan Leles terhadap uang pecahan Rp100 ribu yang digunakan oleh RE untuk membeli rokok di salah satu warung pada Rabu (9/8/2023) kemarin. Setelah itu, warga melaporkan temuan uang palsu tersebut kepada aparat Polsek Leles untuk ditindaklanjuti.

"Petugas Polsek Leles kemudian membawa terduga pelaku ke Mapolsek Leles untuk dilakukan pemeriksaan. Dari pemeriksaan, terungkap juga bahwa RE memiliki uang palsu pecahan Rp100 ribu lainnya sebanyak 24 lembar yang disimpan di dalam tas laptop yang ia bawa," ungkap Kasi Humas Polres Garut, Ipda Susilo Adhi, pada Kamis (10/8/2023).

Sementara itu, Kapolsek Leles AKP Agus Kustanto, menyatakan bahwa kasus peredaran uang palsu ini masih dalam tahap penyelidikan.

"Dari hasil pendataan, terduga pelaku berasal dari Kampung Cijengkol, Desa Cikalong, Kecamatan Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat. Apa motifnya, asal uang palsu, jumlah yang diedarkan, dan lokasi distribusi masih dalam tahap penyelidikan," ujar AKP Agus Kustanto.

Dia juga memberikan imbauan kepada masyarakat di Kabupaten Garut untuk berhati-hati terhadap peredaran uang palsu dalam setiap transaksi. Biasanya, pengedar uang palsu menargetkan para pedagang untuk mendapatkan keuntungan.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut