get app
inews
Aa Read Next : Karnaval PAUD se-Kota Tasikmalaya, Ivan: Pengembangan Anak Usia Dini Masuk dalam Prioritas SDGs

Mahasiswa Unsil Prodi Kesmas Kelompok Sahwahita Launching Program Pencegahan Remaja Anti Hipertensi

Senin, 05 Juni 2023 | 14:22 WIB
header img
Mahasiswa Unsil Prodi Kesmas Kelompok Sahwahita Launching Program Pencegahan Remaja Anti Hipertensi. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Kristian

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Mahasiwa Universitas Negeri Siliwangi (Unsil) Fakultas Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Kelompok Sahwahita melaunching program Gerakan Remaja Anti Hipertensi (Ramah) di aula Kelurahan Tuguraja, Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya, Senin (5/6/2023).

Launching program kesehatan bertajuk Ramah tersebut ditandai dengan peguntingan pita oleh Kepala Kelurahan Tuguraja Nofik Taufik M, Kepala Puskesmas Cihideung Siti Mutiroh, serta Dosen Pengampu Mata Kuliah Perencanaan dan Evaluasi Kesehatan Porgram Unsil, Rian Arie Gustaman.

Ketua Kelompok Sahwahita, Rivania Rachma Fauziah, mengatakan, pihaknya menciptakan sebuah program terkait sesuai dengan determinan penyebab penyakit terhadap para remaja dari daerah itu sendiri.

"Alhamdulilah, kami dari Kelompok Sahwahita melaksanakan program kesehatan serta launching Gerakan Remaja Anti Hipertensi. Dalam kegiatan tersebut ada screening ptm, deteksi dini penyakit tidak menular pada remaja di Kelurahan Tuguraja," ucap Rivania. 

Lanjut dia, pihaknya juga memberikan tablet untuk tambah darah kepada remaja di usia 12-18 tahun."Lalu ada edukasi kesehatan khususnya mengenai hipertensi. Terakhir ada kegiatan senam hipertensi," tambah dia. 

Rivania menyebut, kelompoknya memilih melakukan penelilitian atau riset selama 4 bulan mengenai permasalahan hipertensi di Kelurahan Tuguraja. Pihaknya menemukan bahwa di daerah yang terbilang padat penduduk tersebut angka hipertensi cukup tinggi.

Selain hipertensi, angka stunting di wilayah tersebut merupakan paling tinggi dibandingkan daerah lainnya yang ada di Kota Tasikmalaya.

"Memilih di sini karena itu juga sudah ditentukan dari pihak kampus. Nah, kami selama 4 bulan ini, sebelumnya melakukan peneilitian apa yang menjadi permasalahannnya," bebernya. 

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut