get app
inews
Aa Read Next : Jalan Pangandaran-Banjar Macet, Emak-Emak Naik Motor Tabrak Belakang Mobil

Polsek Sukaratu, TNI dan Petugas Perhutani Evakuasi Korban Kecelakaan di Gunung Galunggung

Kamis, 27 April 2023 | 22:16 WIB
header img
Polsek Sukaratu, TNI dan Petugas Perhutani Evakuasi Korban Kecelakaan di Gunung Galunggung. Foto: Istimewa

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.idPolsek Sukaratu Polres Tasikmalaya Kota bersama TNI dan pengelola objek wisata Gunung Galunggung membantu evakuasi wisatawan yang mengalami kecelakaan lalu lintas di kawasan wisata, Kamis (27/4/2023).

Sepeda motor Honda Vario dengan nomor polisi Z 5524 MO terperosok saat menuruni turunan jalan yang menuju ke tangga kuning Kawah Gunung Galunggung, Desa Linggajati, Kecamatan Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya.

Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP SY Zainal Abidin melalui Kapolsek Sukaratu AKP Mahmud Darmana mengatakan, kejadian kecelakaan tersebut terjadi sekira pukul 11.00 WIB.

Menurutnya, sepeda motor yang kendarai oleh Soni Herdiansyah (30) memboncengn istri, Hani Hardianti (28) dan dua anaknya RH (7) dan DH (2,5). Mereka pulang berwisata dari Kawah Gunung Galunggung.

“Korban Soni dan istirnya, Hani mengalami patah tangan kiri dan lecet di kepala dan kaki. Sedangkan kedua anaknya lecet di kepala dan memar,” kata AKP Mahmud.

Ia menuturkan, personel yang sedang berjaga di Pos Pelayanan (posyan) objek wisata Galungung langsung meluncur ke tempat kejadian perkara. Pihaknya bersama petugas dari TNI dan dari pihak Perhutani selaku pengelola kawasan wisata Gunung Galunggung melakukan evakuasi para korban ke mobil ambulans Puskesmas Sukaratu.

“Untuk korban kita evakuasi menggunakan ambulans dan mobil patroli polisi dibawa ke Puskesmas Sukaratu untuk mendapatkan pertolongan medis,” ujarnya.

AKP Mahmud menjelaskan, berdasarkan keterangan saksi-saksi bahwa sepeda motor korban dimatikan saat menuruni turunan sehingga tidak bisa direm dan tidak bisa dikendalikan. Sepeda motor meluncur dengan kecepatan tinggi kemudian oleng dan menabrak pohon yang berada di pinggir jalan.

“Kecelakaan ini diduga karena human error. Saat menuruni turunan mesin sepeda motornya dimatikan sehingga tidak terkendali dan tidak bisa direm. Sepeda motor baru berhenti setelah menabrak pohon di pinggir jalan. Tidak ada korban jiwa, hanya luka-luka saja,” jelasnya.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut